Implementasi penanganan polis lapse di PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamjani, Muh Mixsan (2018) Implementasi penanganan polis lapse di PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muh Mixsan Kamjani_C04213041.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Penanganan Polis Lapse di PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang faktor penyebab polis lapse, dampak terjadinya polis lapse dan bagaimanakah penanganan polis lapse di PT. Asuransi Takaful keluarga Surabaya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek. Studi kasus merupakan suatu penelitian kualitatif yang berusaha menemukan makna, menyelidiki proses, dan memperoleh pengertian dan pemahaman yang mendalam dari individu, kelompok, atau situasi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu karyawan PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa faktor yang menyebabkan terjadinya polis lapse terbagi atas dua faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi pengetahuan dan ketrampilan sedangkan faktor eksternal meliputi biaya, kelalaian, dan adanya prioritas lain. Selanjutnya, polis lapse berdampak pada hilangnya manfaat dari asuransi syariah bagi peserta asuransi, sedangkan bagi PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya, polis lapse berdampak pada ketidaksehatan pada neraca keuangan perusahaan akibat kegagalan pengelolaan dana tabarru'. Untuk mengatasi polis lapse yang terjadi PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya memberikan kebijakan-kebijakan yang berupa tindakan preventif (penyegahan) dan kuratif (penyelesaian). PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya perlu memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta asuransi tentang pentingnya polis asuransi dan memberikan perhatian ekstra terhadap waktu jatuh tempo pembayaran biaya kontribusi peserta, agar tidak ada peserta asuransi yang terlambat dalam pembayaran dan pengelolaan dana tabarru’ menjadi lancar dan akan mengurangi terjadi polis lapse di PT. Asuransi Takaful keluarga Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamjani, Muh Mixsanmuhmixsankamjani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Asuransi Islam
Ekonomi Islam
Uncontrolled Keywords: Polis; Lapse; Asuransi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kamjani Muh Mixsan
Date Deposited: 05 Feb 2018 04:02
Last Modified: 05 Feb 2018 04:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22172

Actions (login required)

View Item View Item