Strategi pemasaran model Celengan Mini dalam meningkatkan jumlah anggota Simpanan Wadi'ah Yad-Dhamanah di KSPPS Mitra Usaha Ideal Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nufus, Izzatin (2018) Strategi pemasaran model Celengan Mini dalam meningkatkan jumlah anggota Simpanan Wadi'ah Yad-Dhamanah di KSPPS Mitra Usaha Ideal Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Izzatin Nufus_G04214012.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana penerapan strategi pemasaran model celengan mini di KSPPS Mitra Usaha Ideal Bungah Gresik dan bagaimana analisis strategi pemasaran model celengan mini dalam meningkatkan jumlah anggota simpanan wadi’ah yad-dhamanah di KSPPS Mitra Usaha Ideal Bungah Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan pola coding (pengodean). Hasil penelitian yang diperoleh adalah Strategi pemasaran model celengan mini di KSPPS-MUI Bungah Gresik bertujuan untuk membantu AO dalam manajemen waktu, tenaga, dan biaya transportasi agar semakin efektif dan membantu masyarakat yang kesulitan menabung karena tempat tinggalnya jauh dari kantor KSPPS-MUI. Strategi pemasaran ini sudah efektif, akan tetapi masih terdapat beberapa kelemahan dalam seluruh kegiatan penggunaan sarana celengan mini. Seperti manajemen pengolahan yang kurang efektif, manajemen keuangan dan SDM yang kurang memadai, kurangnya respons positif dari masyarakat, timbulnya pro dan kontra antar pihak KSPPS-MUI, dan kurangnya kinerja AO dalam melakukan komunikasi, pendekatan, dan kecerdasan dalam memahami wilayah dan kondisi pasar, sehingga menyebabkan kehilangan anggota dan berdampak pada tingkat produktivitas celengan mini. Meskipun begitu, strategi ini memiliki kelebihan yang mampu meminimalisasi kelemahan tersebut dan mampu meningkatkan jumlah anggota simpanan wadi’ah yad-dhamanah di KSPPS-MUI Bungah Gresik. Walaupun peningkatannya tidak terlalu tinggi (signifikan). Pada bulan November 2016 sampai bulan Oktober 2017, sarana celengan mini ini mampu meningkatkan jumlah anggota penyimpan sebanyak 189 anggota dari 834 anggota penyimpan di KSPPS-MUI Bungah Gresik. Hal ini menunjukkan bahwa, sarana celengan mini mampu meningkatkan jumlah anggota simpanan wadi’ah yad-dhamanah sebanyak 22,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti mampu memberikan saran sebagai bahan evaluasi bagi KSPPS-MUI Bungah Gresik, yaitu perlunya SOP yang jelas dan tertulis mengenai ketentuan sarana celengan mini dan perlunya peningkatan komunikasi, pendekatan, dan pengetahuan AO dalam kegiatan pemasaran. Kemudian penelitian ini perlu dikaji kembali dan dikembangkan oleh peneliti selanjutnya, mengenai tingkat produktivitas jumlah setoran anggota penyimpan dengan sarana celengan mini di KSPPS-MUI Bungah Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nufus, IzzatinIzzatinufus@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Pemasaran
Wadi'ah
Koperasi
Keywords: Strategi pemasaran; model Celengan Mini; Simpanan Wadi’ah Yad-Dhamanah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nufus Izzatin
Date Deposited: 05 Feb 2018 07:14
Last Modified: 05 Feb 2018 07:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22165

Actions (login required)

View Item View Item