Peningkatan hasil belajar fiqih materi shalat rawatib melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas III-B MI Mazra'atul Ulum 01 Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuha, Ashif Ulin (2018) Peningkatan hasil belajar fiqih materi shalat rawatib melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas III-B MI Mazra'atul Ulum 01 Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ashif Ulin Nuha_D97214103.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran fiqih materi shalat rawatib di MI Mazra’atul Ulum 01 Paciran Lamongan. Kegiatan di dalam kelas juga bersifat pasif, hanya mengerjakan soal-soal di buku paket atau LKS (Lembar Kerja Siswa). Hasil belajar dengan pembelajaran tradisional, hanya 35% siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM. Berdasarkan hal tersebut, perlu sesuatu inovasi baru dalam pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran fiqih materi shalat rawatib, sehingga siswa dapat aktif, bersemangat dan hasil belajarnya meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan pemahaman pada materi shalat rawatib di kelas III-B MI Mazra’atul Ulum 01 Paciran Lamongan. (2) Peningkatan hasil belajar siswa kelas III-B MI Mazra’atul Ulum 01 Paciran Lamongan setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdapat empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Mazra’atul Ulum 01 Paciran Lamongan pada kelas III-B dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari 74 (rendah) pada siklus I menjadi 95 (sangat baik) pada siklus II, sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari 55 (sangat rendah) pada siklus I menjadi 96 (sangat baik) pada siklus II. (2) Peningkatan hasil hasil belajar siswa dengan persentase pra siklus 35%, siklus I 65%, dan siklus II 81% siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuha, Ashif Ulinashifulin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Fikih
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Salat > Salat Sunat
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Shalat Rawatib; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuha Ashif Ulin
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:21
Last Modified: 12 Feb 2018 02:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22151

Actions (login required)

View Item View Item