Meningkatkan minat belajar PKn melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) kelas 5 MI Miftahul Ulum Balongsari Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Yuyun (2012) Meningkatkan minat belajar PKn melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) kelas 5 MI Miftahul Ulum Balongsari Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuyun Wahyuni_D37208013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Membangkitkan minat dalam diri peserta didik merupakan kewajiban dari pendidik. Pendidik harus mempunyai strategi-srategi unruk membangkitkan minat peserta didik unruk belajar. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa, agar siswa tidak merasa bosan. Penelitian ini berdasarkan pennasalahan: (I) Bagaimana penerapan model pembelajaran STAD pada pelajaran PKN kelas V MI Miftahul U1um Balongsari Jombang? (2) Bagaimana minat belajar PKN siswa kelas V MI Miftahul Ulum Balongsari Jombang menggunakan model pembelajaran STAD? Dan salah satu model pembelajaran yang digunakan oleh peneliti adalah model pembelajaran STAD dalam meningkatkan minat belajar siswa. Peneliti menerapkan model pembelajaran STAD ini pada mata pelajaran PKN. Model pembelajaran ini diterapkan dikelas tinggi yaitu V MI miftahul ulum balongsari jombang untuk membantu siswa belajar aktif dan bersosialisasi dengan teman lain. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersaji dari observasi yang dilakukan terhadap guru maupun siswa, wawancara, ketuntasan belajar siswa dan angket. Ketiga analisis data tersebut menunjukkan saling keterkaitan antara angket, observasi dan wawancara. Keterkaiatan tersebut menghasilkan data yang valid terhadap objek yang diteliti yaitu minat belajar PKN siswa kelas V MI Miftahul Ulum Balongsari Jombang telah meningkat. Dari 65,33% minat siswa terhadap pelajaran PKN meningkat menjadi 94%. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari meningkatnya aktifitas siswa dari tiap siklus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, YuyunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Minat Baca
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Materi
Uncontrolled Keywords: Minat belajar; model STAD; PKn
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2018 08:22
Last Modified: 05 Feb 2018 08:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22141

Actions (login required)

View Item View Item