Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang mengimplementasikan panduan polya pada sub pokok bahasan bangunan ruang sisi datar di kelas VIII-B SMP Yayasan Taman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmah, Lailatul (2012) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang mengimplementasikan panduan polya pada sub pokok bahasan bangunan ruang sisi datar di kelas VIII-B SMP Yayasan Taman. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailatul Rochmah_D34207019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Salah satu hal mendasar yang menjadi masalah dalam pembelajaran matematika di sekolah adalah penyelesaian masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1. Bagaimana kevalidan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang mengimplementasikan panduan polya pada sub bab pokok baasan banun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Yayasan Taman, 2. Bagaimana kepraktisan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang mengimplementasikan panduan polya pada sub pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Yayasan Taman, 3. Bagaimana aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran berbasis masalah yang mengimplementasikan panduan polya pada sub bab pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kleas VIII SMP Yayasan Taman. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1. Perangkat pembelajaran berbasis masalah yang mengimplementasikan panduan polya pada sub bab bahasan bangun ruang sisi datar yang dikembangkan dalam penelitian ini telah dinilai praktis oleh para ahli, dengan penilaian B untuk masing-masing perangkat pembelajaran, yang berarti bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi. 2. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran berbasis masalah yang mengimplementasikan panduan polya pada sub pokok bahasan bangun ruang sisi datar telah memenuhi kriteria efektif dengan hasil prosentase tiap aspek adalah 15.7%, mengarahkan siswa untuk menyelesaikan masalah 19.7%, mengamati cara siswa dalam menyelesaikan masalah 18,6%, menjawab pertanyaan siswa 8,8%. 3. Respon siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah yang mengimplementasikan panduan polya adalah positif, dengan rata-rata persentasi tiap komponen adalah 77,4% siswa senang terhadap pembelajaran berbasis masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmah, LailatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; panduan polya; bahasan bangunan ruang sisi datar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2018 08:04
Last Modified: 30 Jan 2018 08:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22138

Actions (login required)

View Item View Item