Pengembangan pembelajaran Matematika dengan pendekatan 4 (empat) pilar pendidikan UNESCO pada subbab segiempat di kelas VII SMP al Muhammad Cepu Blora

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kiswati, Kiswati (2012) Pengembangan pembelajaran Matematika dengan pendekatan 4 (empat) pilar pendidikan UNESCO pada subbab segiempat di kelas VII SMP al Muhammad Cepu Blora. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kiswati_D04208076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu cabang pengetahuan eksak yang berhubungan dengan bilangan dan kalkulasi, sebagai bahasa simbolis untuk menunjukkan hubungan kuantitatif dari keruangan dengan penalaran. yang logis, serta memudahkan dalam berpikir. Mengenai matematika, setiap individu mempunyai pandangan yang berbeda. Ada yang memandang matematika sebagai mata pelajaran yang menyenangkan dan ada juga yang memandang matematilca sehagai pelajaran yang sulit. Banyaknya perbedaan persepsi siswa tentang matematika, maka seorang guru harus menggunakan pembelajaran yang tepat agar siswa mampu memahami materi pelajaran yang diajarkan. Berdasarkan pemaparan diatas, peneliti mencoba mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan 4 ( empat ) Pilar Pendidikan UNESCO. Penlitian ini bertujWJll untuk m(!ndeskripsikan proses pengembangan pembelajaran matematika, mengetahui nilai kevalidan perangkat pembelajaran matematika, kepraktisan perangkat pembelajaran matematika clan keefektifan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan 4 ( empat ) Pilar Pendidikan UNESCO. Empat Pilar Pendidikan UNESCO yaitu (1) learning to Know yakni siswa akan belajar untuk mengetahui, (2) learning to do yakni siswa akan belajar untuk berbuat, (3) learning to be yakni siswa belajar unruk menjadi diri sendiri dan (4) learning to live together yakni siswa belajar untuk hidup bersama membiasakan saling menghargai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di SMP Al Muhammad Cepu Blora. Subjek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yaitu RPP, buku siswa clan LKS. Proses pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model Thiagarajan 4-D (define, design, develop dan disseminate) yang dimodifikasi sampai tahap develop. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran, lembar aogket respon siswa, dan tes basil belajar. Dari basil penelitian tersebut diperoleb basil kevalidan rata- rata dari RPP, Buku Siswa dan LKS sebesar 3,75 yang berarti perangkat tersebut telah valid dan layak digunakan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah dinilai kurang praktis oleh para ahli; dengan penilaian "B" dan "C". Perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria keefektifan pada: aktifitas siswa, sintaks pembelajaran , respon siswa dan basil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kiswati, KiswatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika; pendidikan UNESCO; subbab segiempat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2018 07:46
Last Modified: 30 Jan 2018 07:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22136

Actions (login required)

View Item View Item