Pengembangan pembelajaran kooperatif tipe stad dengan penilaian proyek pada materi system persamaan linier dua variabel di kelas VIII MTs. Ibnu Husain Surabaya

Suryawati, Titik (2012) Pengembangan pembelajaran kooperatif tipe stad dengan penilaian proyek pada materi system persamaan linier dua variabel di kelas VIII MTs. Ibnu Husain Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Titik Suryawati_D04207056.pdf

Download (3MB)

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dalam proses pendidikan, diantaranya adalah guru dan metode yang digunakannnya. Maka dalam melaksanakan tugasnya, guru harus menyadari betul tentang peran yang harus dilakukan bahwa dia bukan hanya sekedar pengajar tetapi sebagai pendidik. Jadi bukan hanya sekedar menyampaikan informasi, tetapi juga harus melihat sejauh mana terjadi perbahan sikap, agar terlihat adanya peningkatan kualitas pada diri setiap peserta didik. Untuk itu tersedianya perangkat pembelajaran yang berkualitas merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang proses pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan mutu pendidikan, sekaligus dapat melatihkan guru suatu model pembelajaran yang berbasis aktivitas siswi. Salah satu model pembelajaran yang berorientasi belajar kelompok dan berbasis aktivitas siswi adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat mendorong siswi untuk saling membantu menguasai ketrampilan yang dikuasai guru. Untuk mengetahui proses bagaimana siswa itu mampu menyerap dan menggunakan informasi yang diterimanya maka siswa tersebut dituntut untuk dapat menyelesaikan tugas dalam waktu/periode tertentu yang disebut dengan penilaian proyek. Tugas tersebut berupa suatu investigasi, sejak dari pengumpulan data, pengolahan data dan penyajian data. Setelah melakukan deskripsi dan analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut : perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penilaian para ahli memenuhi kategori “valid” dengan rata-rata total 3,508, “praktis” dengan penilaian “B” yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi. Dari aktivitas siswi telah memenuhi kriteria efektif, keterlaksanaan sintaks pembelajaran telah memenuhi kategori sangat baik, respon siswi telah memenuhi kategori positif dengan rata-rata persentase sebesar 78,525% dan hasil belajar siswi sebanyak 84,62% siswi dinyatakan tuntas secara individual dan pada uji coba telah mencapai ketuntasan secara klasikal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hamdani, A. Saepul
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif; tipe STAD; penilaian proyek
Subjects: Matematika
Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2018 07:06
Last Modified: 30 Jan 2018 07:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22134

Actions (login required)

View Item View Item