Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita pada mata pelajaran Matematika melalui metode bermain kartu soal bagi siswa kelas V SDN Wonokusumo II Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzi, Riska Nurul (2012) Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita pada mata pelajaran Matematika melalui metode bermain kartu soal bagi siswa kelas V SDN Wonokusumo II Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rizka Nurul Fauzi_D37208004.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan pengukuran waktu, jarak dan kecepatan yang dilaksanakan di kelas V SDN Wonokusumo II Mojokerto belum melibatkan peran siswa secara optimal. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya kemarnpuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika khususnya pada pokok bahasan tersebut. Dalam hal ini siswa cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna. Dengan menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanakan metode bennain kartu soal melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pokok bahasan pengukuran waktu, jarak dan kecepatan pada siswa SDN Wonokusumo II Mojokerto. Pennasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: apakah penerapan metode bennain kartu soal dapat meningkatkan kemampuan mengerjakan soal cerita pada mata pelajaran matematika bagi siswa kelas 5 SDN Wonokusumo II Mojokerto ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui metode bennain kartu soal dapat meningkatkan kemampuan mengerjakan soal cerita pada mata pelajaran matematika bagi siswa kelas V SDN Wonokusumo II Mojokerto. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Adpun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data secara diskriptif komparatif. Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa melalui metode bermain kartu soal dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN Wonokusumo II Mojokerto. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan. pada siklus I nilai rata-rata sebesar 75,4 % sedangkan pada siklus II sebesar 87 %. Ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 74,3 % sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yakni sebesar 85,7 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzi, Riska NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Potensi
Keywords: Kemampuan; soal cerita Matematika; metode bermain kartu soal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2018 03:50
Last Modified: 30 Jan 2018 03:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22130

Actions (login required)

View Item View Item