Peningkatan hasil belajar matematika materi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan media lidi kelas IV di MI Hasanudin Karah Surabaya

Rahmawati, Annasuha (2012) Peningkatan hasil belajar matematika materi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan media lidi kelas IV di MI Hasanudin Karah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Annasuha Rahmawati_D07208039.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1. Mendiskripsikan hasil belajar mata pelaran matematika materi penjumlahan bilangan bulat kelas IV di MI Hasanudin Karah Surabaya, 2. Mendiskripsikan penerapan media lidi dalam kelas IV di MI Hasanuddin Karah Surabaya, dan 3. Mengukur terjadinya peningkatan hasil belajar matematika materi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan media lidi kelas IV di MI Hasanudin Karah. Adapun rumusan masalahnya adalah sebagai berikut; 1. Bagaimana hasil belajar mata pelajaran matematika materi penjumlahan bilangan bulat kelas IV di MI Hasanudin Karah Surabaya, 2. Bagaimana penerapan media lidi dalam kelas IV di MI Hasanudin Karah Surabaya, 3. Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika materi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan media lidi kelas IV di MI Hasanudin Karah Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan pendekatan Mixed Method, yakni memadukan antara analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Dalam penelitian tindakan kelas ini data dikumpulkan melalui tes tulis, wawancara, dokumen-dokumen yang terkait dengan hal-hal yang diteliti, dan panduan observasi. Penelitian ini menggunakan validasi isi untuk menguji instrument butir soal dilakukan expert judgment. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Hasanudin Karah Surabaya yang berjumlah 25 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas sebelum diberikan tindakan sebesar 61 dengan prosentase Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 45,83%. Pembelajaran matematika dengan media lidi sudah diterapkan dengan baik pada peserta didik kelas IV MI Hasanudin Karah Surabaya telah dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sihabuddin, Sihabuddin
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Matematika; materi penjumlahan bilangan bulat; media lidi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2018 07:35
Last Modified: 29 Jan 2018 07:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22125

Actions (login required)

View Item View Item