Peningkatan hasil belajar IPS pada materi masalah-masalah sosial di lingkungan sekitar dengan strategi problem based learning pada siswa kelas IV-A MI Tanada Waru Sidoarjo

Fitrotin, Dian (2012) Peningkatan hasil belajar IPS pada materi masalah-masalah sosial di lingkungan sekitar dengan strategi problem based learning pada siswa kelas IV-A MI Tanada Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Fitrotin_D37208006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: 1. Bagaimana keadaan hasil belajar IPS sebelum menggunakan strategi problem based learning pada materi masalah-masalah sosial di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV-A MI Tanada Waru Sidoarjo; 2. Bagaimana penerapan strategi problem based learning pada materi masalah-masalah sosial di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV-A MI Tanada Waru Sidoarjo; 3. Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi problem based learning pada materi masalah-masalah sosial di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV-A MI Tanada Waru Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan sebelumnya juga dilakukan pra siklus yaitu pembelajaran tanpa menggunakan strategi problem based learning untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum adanya penelitian. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan pada tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data secara deskriptif kulaitatif dan kuantitatif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS pada pra siklus tergolong cukup dan belum maksimal, hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar pra siklus yang hanya mencapai rata-rata 67,67. Penerapan strategi problem based learning dapat meningkatkan aktivitas siswa dan aktivitas guru kelas IV-A MI Tanada Waru Sidoarjo. Dan strategi problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus pertama mencapai rata-rata 71,3, dan pada siklus kedua mengalami peningkatan dengan rata-rata 82,8 dengan prosentase ketuntasan 92,85%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nadlir, Nadlir
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS; Strategi problem based learning
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2018 03:53
Last Modified: 29 Jan 2018 03:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22119

Actions (login required)

View Item View Item