Etika sosial perspektif Komunitas Tionghoa di Klenteng Boen-Bio Kapasan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Malik, Abd. (2012) Etika sosial perspektif Komunitas Tionghoa di Klenteng Boen-Bio Kapasan Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abd. Malik_E02207011.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22105

Abstract

Komunitas Tionghoa yang ada di Klenteng Boen-Bio selalu mengutamakan etika sosial dalam kehidupan sehari-hari baik dengan umat agama khonghucu maupun di luar agama Khonghucu, Masyarakat sekitar selama ini tidak merasa terganggu dengan keberadaan Komunitas Tionghoa Klenteng Boen-Bio baik dari aktivitas kehidupan sehari-hari maupun kegiatan yang berada di dalam Klenteng tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut diatas penulis memakai pendekatan kualitatif deskriptif yakni penelitian yang memaparkan atau menggambarkan data yang diperoleh oleh peneliti yang berkaitan dengan objek penelitian dengan melakukan studi kepustakaan dan pendekatan studi lapangan dengan mengadakan penelitian langsung di Klenteng Boen-Bio Kapasan Surabaya sebagai obyek penelitian.Untuk memperoleh data digunakan metode observasi, metode dokumentasi, metode interview, dan metode angket, yang mana data yang sudah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang diperoleh dari obyek penelitian, dapat diketahui bahwa etika sosial Komunitas Tionghoa di Klenteng Boen-Bio Kapasan Surabaya dapat dilakukan dengan berbagai macam aktivitas kehidupan dan berbagai macam kegiatan Komunitas Tionghoa di Klenteng maupun di luar Klenteng Boen-Bio Kapasan Surabaya, agar terbina etika sosial yang baik, terbukti dari hasil penelian menunjukkan . bahwa Komunitas Tionghoa sudah mempunyai kesadaran untuk berhubungan. baik terhadap orang tua, Saudara, sesama teman suami istri dan terhadap atasan dengan bawahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Malik, Abd.--UNSPECIFIED
Subjects: Etika
Sosiologi > Sosiologi Agama
Keywords: Etika sosial; Komunitas Tionghoa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2018 09:16
Last Modified: 26 Jan 2018 09:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22105

Actions (login required)

View Item View Item