Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab melalui media flash card (kartu pengingat) di kelas IV MI Al-Mu'awwanah Janti Mojoagung Jombang

Izza, Avina Nailul (2012) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab melalui media flash card (kartu pengingat) di kelas IV MI Al-Mu'awwanah Janti Mojoagung Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Aviana Nailul Izza_D07208075.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis datanya deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengadakan tes lisan, observasi, wawancara dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Analisis data dilakukan dengan pengamatan terhadap proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran flash card sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab siswa melalui setiap tindakan yang dilakukan selama 2 siklus dengan 3 kali pertemuan. Urutan kegiatan penelitian adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi sesuai dengan model yang dikembangkan kemmis dan Mc Taggart yang menggunakan prinsip spiral refleksi diri. Materi yang diambil alat-alat madrasah dengan standar kompetensi berbicara (mengungkapkan infonnasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab siswa yang dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media flas card 59,28, siklus I meningkat menjadi 69,88 dan 80,81, begitu juga persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum menggunakan media Flash Card 45,45% dengan jumlah siswa yang tutas belajar 15 siswa, siklus I meningkat 66,66% jumlah siswa yang tuntas belajar 22 siswa dan 84,84% pada siklus II dengan jumlah siswa yang tutas belajar sebanyak 28 siswa sehingga secara individu dan klsikal siswa dinyatan tuntas. Selain itu keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar juga mengalami peningkatan, pada siklus I berdasarkan observasi persentase keaktifan siswa mendapat 57,14% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,71%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Taufik, Taufik
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara; Bahasa Arab; Media; Flash Card
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2018 08:23
Last Modified: 25 Jan 2018 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22091

Actions (login required)

View Item View Item