Efektifitas strategi Guided Teaching dalam meningkatkan kreatifitas belajar siswa pada bidang studi Fiqih di SMP 03 Islam Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abad, lbnu (2012) Efektifitas strategi Guided Teaching dalam meningkatkan kreatifitas belajar siswa pada bidang studi Fiqih di SMP 03 Islam Jember. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ibnu Abad_D51208009.pdf

Download (5MB)

Abstract

Guru merupakan orang yang sangat penting dalam proses belajar mengajartentunya mengetahui berbagai pengaruh yang mengitari dalam melaksanakan tugasnya. Guided Teaching adlah strategi yang digunakan untuk memberikan pertanyaan terhadap peserta didik untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman tentang materi yang telah disampaikan oleh pendidik. Dalam skripsi ini penulis membahas tentang Efektifitas Strategi Guided Teaching dalam meningkatkan Kreatifitas Belajar Siswa Pada Bidang Studi Fiqih di SMP 03 Islam di Jember,dengan tiga rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana pelaksanaan strategi guided teaching di SMP 03 Islam Jember? 2. Bagaimana kreatifitas belajar siswa pada bidang studi fiqih di SMP 03 Islam Jember? 3. Adakah efektifitas strategi Guided Teaching pada bidang studi fiqih di SMP 03 Islam Jember? Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode antara lain: metode observas interview, angket, dan dokumentasi. Adapun untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua peneliti menggunakan runtus prosentase yang kemudian di deskripsikan, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah ketiga peneliti menggunakan rumus produc moment. Berdasarkan basil dari penyajian dan analisis data, diperoleh strategi guided teaching yang dilaksanakan di SMP 03 Islam Jember adlah tergolong cukup. Hal ini terbukti dari data angket yang sudah dianalisis dengan basil prosentase 67,22% terlatak diantara 56- 57%. Adapun tentang kreatifitas belajar siswa psda bidpg studi fiqih tergolong cukup. Hal ini terbukti dari data angket yang sudah dianalisis dengan basil prosentase 65,27% terletak diantara 56-75%. Adapun keefektifan tentang penggunaan strategi guided teaching terhadap kreatifitas belajar siswa tergolong cukup, hal ini terbukti dari analisis data yang dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi produc moment yang menghasilkan nilai rxy=0,40. Jika dikonsultasikan dengan table r produc moment dengan df=34 pada tariff signifikan 5%=0,325, sedang pada taraf signifikan I%=0,418. Berarti rxy>dari r table (rxy>rt) baik pada taraf signifikan 5% maupunl%. Dengan basil rxy=0,40 besamya nilai rxy apabila di interpretasikan pada standart rxy produc moment terletak antara 0,40-0,70 sehingga pengaruh yang ada cukup atau sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abad, lbnu--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Guided teaching; kreatifitas belajar siswa; bidang studi Fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2018 07:39
Last Modified: 24 Jan 2018 07:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22077

Actions (login required)

View Item View Item