Peningkatan motivasi belajar bahasa inggris melalui penggunaan aplikasi android siswa di SMK Jawahirul Ulum Jabon Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiawati, Fila Candra (2017) Peningkatan motivasi belajar bahasa inggris melalui penggunaan aplikasi android siswa di SMK Jawahirul Ulum Jabon Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fila Candra Setiawati_F52915012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor yang sangat penting untuk membuat seseorang giat dan bersemangat dalam belajar. Semakin tinggi tingkat motivasi belajar seorang siswa maka dapat dipastikan bahwa nilai hasil belajar siswa tersebut akan tinggi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat motivasi belajar siswa SMK Jawahirul Ulum Jabon Sidoarjo, hal tersebut berakibat terhadap rendahnya nilai hasil belajar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas XA SMK Jawahirul Ulum Jabon Sidoarjo setelah dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan media aplikasi android. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan tipe True Experimental. Adapun dalam penelitian ini menggunakan kelas XA dan XB sebagai Sampel penelitian. Kelas XA sebagai kelas Eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan aplikasi android untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XA SMK Jawahirul Ulum Jabon Sidoarjo dapat dipraktekkan dalam pembelajaran dikelas oleh guru (2) motivasi belajar siswa kelas XA SMK Jawahirul Ulum Jabon Sidoarjo sebelum dilaksanakan pembelajaran menggunakan media aplikasi android tergolong sangat rendah, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi yang dilakukan oleh penulis. Rata-rata tingkat motivasi kelas XA adalah sebesar 2.350 dan tergolong kriteria cukup sedangkan di kelas XB rata-rata tingkat motivasi belajarnya sebesar 2.340 yang artinya juga masih tergolong kriteria cukup. (3) motivasi belajar siswa kelas XA meningkat setelah diberlakukan pembelajaran menggunakan media aplikasi android, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi yang dilakukan oleh penulis bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran tersebut. Rata-rata tingkat motivasi belajar kelas XA adalah sebesar 3.28 artinya termasuk dalam kriteria sangat baik, hal ini lebih tinggi disbanding rata-rata tingkat motivasi belajar siswa kelas XB sebagai kelas control yang hanya sebesar 2.63 yang artinya masih tergolong dalam kriteria baik. Dari data tersebut diketahui bahwa perbedaan rata-rata tingkat motivasi belajar siswa antara kelas XA dan kelas XB adalah sebesar 0.65.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiawati, Fila Candrafila_yes@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Dirasah Islamiyah
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Aplikasi android; Motivasi belajar
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Setiawati Fila Candra
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:08
Last Modified: 31 Aug 2018 03:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22074

Actions (login required)

View Item View Item