Implementasi wajib belajar pendidikan dasar Sembilan tahun di lembaga pendidikan dan pesantren an-Nur pondok pesantren salafiyah Roudlotul Muta'allimin Surabaya

Hakim, Lukman (2010) Implementasi wajib belajar pendidikan dasar Sembilan tahun di lembaga pendidikan dan pesantren an-Nur pondok pesantren salafiyah Roudlotul Muta'allimin Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lukman Hakim_D0325070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu bentuk penyelenggaraan Pendidikan Nasional melalui jalur pendidikan luar sekolah adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). PKBM yang di bawah naungan Departemen Agama juga ada, yaitu Wajib Belajar Pendidikan Dasar (WAJARDIKNAS) Sembilan tahun. Selain faktor-faktor dia atas, pemerataan khususnya pendidikan umum juga sangat dibutuhkan oleh kalangan santriwan-santriwati di pondok pesantren. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1. Bagaimana latar belakang berdirinya Wajardiknas sembilan tahun lembaga pendidikan dan pesantren an-Nur di pondok pesantren salafiyah Roudlotul Mutaállimin Surabaya. 2. Bagaimana implementasi Wajardiknas Sembilan tahun lembaga pendidikan dan pesantren an-Nur di pondok pesantren salafiyah Roudlotul Muata’allimin Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah; a. metode obervasi, b. metode interview, c. dokumentasi. Edankan teknik Analia datanya menggunakan metode deskriptif, metode induktif dan metode deduktif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah; 1. Tiga fakkor berdirinya Wajardiknas diantaranya adalah tuntutan wali santri yang anaknya dititipkan di pondok pesantren salafiyah Roudlotul Mutaállimin, kedua: karena input dari pondok sebagian besar tidak tamat sekolah atau tidak melanjutkan pendidikan dasar Sembilan tahun serta yang ketiga adalah adanya program Wajardiknas yang dicanangkan oleh pemerintah untuk pondok pesantren salafiyah. 2. Implementasi Wajardiknas dilaksanakan melealui langkah-langkah yang dimulai dari prosedur penyelenggaraan sampai dengan penyusunan pelaporan yang secara umum dilakukan dengan lengkap dan menyeluruh.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Channa AW, Liliek
Uncontrolled Keywords: Wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun; lembaga pendidikan; pondok pesantren salafiyah
Subjects: Belajar
Pendidikan > Pesantren
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2018 03:55
Last Modified: 24 Jan 2018 03:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22065

Actions (login required)

View Item View Item