Pengaruh pendekatan teknik tadabbur al Qur'an terhadap akhlaq siswa kelas VIII di SMP Nurul Amanah Tanah Merah Bangkalan

Taufiq, Muchammad (2012) Pengaruh pendekatan teknik tadabbur al Qur'an terhadap akhlaq siswa kelas VIII di SMP Nurul Amanah Tanah Merah Bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muchammad Taufiq_D01206121.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22064

Abstract

Tadabbur Al-Qur'an merupakan salah satu program pengajaran yang ada dalam lingkungan sekolah menengah pertama yang bertujuan untuk membina dan mengembangkan hubungan yang santun dan serasi antara siswa dengan Allah, antara siswa dengan sesamanya, dan antara siswa dengan lingkungannya. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan hidup seseorang salah satunya adalah memiliki akhlakul karimah seperti kebijaksanaan, kemurahan hati, pembaruan, keteguhan, kesatriaan, keadilan dan lain-lain. Namun jika aspek ini dikesampingkan, tidak dibimbing dengan arahan-arahan sesuai dengan agama maka keburukan menjadi hal yang disukainya dan kebaikan menjadi kebenciannya perbuatan-perbuatan dan perkataan­ perkataan yang hina menjadi mudah muncul darinya. Oleh karena itu bimbingan terhadap seseorang harus terus dikembangkan di motivasi melalui berbagai kegiatan keagamaan seperti yang dilaksanakan oleh SMP Nurul Amanah Tanah Merah Bangkalan. Pendekatan Teknik Tadabbur Al-qur'an di SMP Nurul Amanah merupakan salah satu bentuk program sekolah upaya membentuk akhlakul karimah siswa, bukti ini penulis ajukan setelah penulis mengadakan penelitian di sekolah tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif Teknik ''pre eksperimental design" yaitu penelitian yang menggunakan rancangan "one group design pre-test post-test" yang kemudian dilanjutkan dengan analisis Statistik Uji "t" (Rumus Fisher) untuk menganalisa data tersebut. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi kelas VIII dengan jumlah 80 siswa. Pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A (20 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII B (20 siswa) sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara akhlaq siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Bardasarkan analisis data yang diperoleh: kategori Pendekatan Teknik tadabbur Al­ qur'an tergolong cukup baik sehingga dikatakan efektif, Perbedaan ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata kelompok Eksperimen dari 82,50 (Pre-Test) menjadi 87,5 (Post-Test) dan kelompok kontrol dari 6,67 (Pre-Test) menjadi 12,5 (Post-Test). Ini menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 5. Dalam hasil perhitungan Uji t diperoleh to sebesar 45,83. Angka ini jauh lebih besar dibanding t1 pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,71 dan taraf signifikansi 1% yaitu 2,02 (2,71 <45,83> 2,02). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan teknik tadabbur al-qur'an cukup efektif terhadap akhlaq siswa kelas VIII SMP Nurul Amanah Tanah Merah bangkalan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hamid, A.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; pendekatan; teknik; tadabbur Al Qur'an; akhlaq
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Perilaku
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2018 03:38
Last Modified: 24 Jan 2018 03:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22064

Actions (login required)

View Item View Item