Manajemen Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suyono, Suyono (2010) Manajemen Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suyono_D03205046.pdf

Download (796kB)

Abstract

Dengan bermunculannya sekolah unggulan dan sekolah bertaraf internasional, pemerintah harus semakin mencermati. Sebab jika tidak ada regulasi yang ketat, konsep pendidikan nasional seperti yang diamanahkan dalam konstitusi tentu akan pudar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1. Bagaimana konsep manajemen sekolah di SMP Negeri 6 Surabaya menuju RSBI, 2. Mengapa SMP Negeri 6 Surabaya dijadikan pilot project RSBI, 3. Bagaimana implementasi manajemen sekolah RSBI di SMP Negeri 6 Surabaya. Dalam melakukan analisa data, ada beberapa cara yang dapat dipergunakan yaitu dengan cara induksi dan cara deduktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1. SMP Negeri 6 Surabaya dalam fase tahun ketiga dalam penyelenggaraan pendidikan belum 100% bisa memenuhi delapan standar nasional pendidikan, yakni standar kelulusan, standar input, standar proses, standar penilaian, standar pendidik dan tenaga kependidikan. 2. RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) diperlukan di SMP Negeri 6 Surabaya di dasari oleh : a. keberadaan SMP Negeri 6 Surabaya, yang sangat diperhitungkan oleh masyarakat kota Surabaya dan kabupaten sekitarnya, sehingga tidak dapat menampung seluruh calon siswa yang akhirnya diseleksi secara ketat sesuai kapasitas, b. keadaan masyarakat yang heterogen sebagai nilai plus derajat keberagamaan latar belakang siswa dan orang tua. 3. Implementasi manajemen SMP Negeri 6 Surabaya dalam mewujudkan RSBI mengeacu pada 8 aspek Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagai Indikator Kinerja Kunci Minimum (IKKM) yaitu standar kompetensi lulusan, standar iisi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pembiayaan, standar pengelolaan, dan standar penilaian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suyono, SuyonoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Manajemen Kelas
Pendidikan > Pendidikan - Sekolah Internasional
Uncontrolled Keywords: Manajemen RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2018 08:37
Last Modified: 23 Jan 2018 08:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22056

Actions (login required)

View Item View Item