Implementasi strategi question student have dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannatin, Nur (2012) Implementasi strategi question student have dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Jannatin_D01208179.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan Strategi Question Student Have dalam meningkatkan minat siswa sangat baik dalam meningkatkan minat belajar siswa. Cara yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar siswa adalah dengan: merumuskan tujuan pembelajaran, menentukan strategi dan metode yang tepat untuk mencapai tujuan serta membuat suasana kelas menjadi nyaman dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang perlu dijawab, meliputi: Bagaimana penerapan Strategi Question Student Have pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada pokok bahasan Haji siswa kelas X di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, Bagaimana minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, Bagaimana Implementasi Strategi Question Student Have pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. . Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menjelaskan atau menggambarkan tentang penerapan strategi Question Student Have dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam. Dalam hal ini menggunakan 3 metode pengumpulan data yakni observasi, interview dan dokomentasi. Dari ketiga metode pengumpulan data tersebut kemudian dianalisis dengan pendekatan induktif. Dengan mengadakan penelitian di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo peneliti menarik kesimpulan sebagai berikut: Dalam penerapannya, Strategi Question Student Have yang dilakukan oleh guru di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo pada saat proses belajar mengajar berlangsung cukup baik. Hal ini dikarenakan sebelum diterapkan, guru telah mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk mempermudah dalam pelaksanaan pembelajaran. Guru sudah menentukan tujuan pembelajaran apa yang ingin dicapai serta strategi dan metode apa yang tepat untuk digunakan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran pada pokok bahasan Haji. Minat siswa sebelum diterapkannya Strategi Question Student Have, masih sedikit terhadap pembelajaran Agama Islam. Karena dalam pembelajaran terlibat kurang antusiasnya peserta didik terbadap materi yang disampaikan, kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran, kurangnya perhatian pada penjelasan dan materi yang disampaikan oleb guru. Dengan diterapkannya strategi ini minat siswa terlibat meningkat sedikit demi sedikit. Ini ditandai dengan mereka mulai memperhatikan apa yang disampaikan oleb guru, lebib aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mulai menyukai dengan mata pelajaran yang disampaikan oleb guru, dan inijuga berdampak pada nilai basil belajar mereka yang meningkat. Dan basil dari implementasi strategi Question Student Have dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo sangat baik. Hal ini dapat dilibat dari partisipasi aktif yang dilakukan siswa serta perbatian yang lebih pada saat pembelaj aran berlangsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannatin, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Uncontrolled Keywords: Strategi question student have; minat belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2018 08:27
Last Modified: 23 Jan 2018 08:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22055

Actions (login required)

View Item View Item