Nilai-nilai pendidikan Islam dalam film 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Zahrotun (2012) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam film 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zahrotun Nisa_D01208169.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dilatarbelakangi seiring dengan kemajuan teknologi, media merupakan salah satu altematif dalam pemenuhan dan pengembangan dunia pendidikan. Penggunaan film sebagai media dalam menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam sangatlah diperlukan. Sebab, film dengan kelebihan audio dan visualnya dapat menyihir bahkan memiliki daya pengaruh yang luar biasa bagi penontonnya Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah I) Bagaimana konsep nilai-nilai pendidikan Islam. 2) Bagaimana alur cerita film "3 Hati 2 Dunia I Cinta". 3) Nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terdapat dalam film "3 Hati 2 Dunia I Cinta". Penelitian ini merupak:an penelitian kualitatif karena menghasilkan data deskriptif (data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka­ angka). Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, dimana peneliti berusaha memahami subjek dari segi pandangan mereka sendiri. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, yaitu sebuah teknik untuk mencari dan mendapatkan data mengenai hal-hal yang tertulis, dengan menggunakan sumber data primer maupun sekunder. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode deskriptif analisis yang terdiri dari tiga taliap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Serta menggunakan keempat teknik analisis data, yaitu deduksi, induksi, komparasi dan interpretasi. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini: pertama, konsep nilai-nilai pendidikan Islam terkandung dalam pokok-pokok dasar pendidikan Islam yang harus ditanamkan sebagai pondasi hidup yang sesuai dengan arah perkembangan jiwa, mencakup tauhid I aqidah, ibadah, ak:hlaq dan kemasyarakatan. Kedua, alur cerita film "3 Hati 2 Dunia 1 Cinta" adalah didasarkan pada tema, dimana setiap peristiwa seolah-olah berdiri sendiri. Kalau salah satu episode dihilangkan cerita tersebut masih dapat dipahami. Film ini tidak: hanya bercerita tentang percintaan beda agama, tetapi juga menelusuri tradisi, perbedaan antara budaya dan agama, serta kecintaan akan puisi. Ketiga, dengan merujuk pada adegan serta dialog maka dapat diketahui bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam film "3 Hati 2 Dunia 1 Cinta" antara lain: 1) nilai pendidikan aqidah, 2) nilai pendidikan syari'ah, 3) nilai pendidikan etika (akhlak), dan 4) nilai pendidikan estetika {budaya).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, ZahrotunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Film
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai pendidikan Islam; film 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2018 08:13
Last Modified: 23 Jan 2018 08:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22054

Actions (login required)

View Item View Item