Implementasj pengembangan pengalaman belajar pada pembelajaran al-Qur 'an Hadits di MTsN Tembelang Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadliroh, Umy (2012) Implementasj pengembangan pengalaman belajar pada pembelajaran al-Qur 'an Hadits di MTsN Tembelang Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umy Nadliroh_D01208129.pdf

Download (3MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Negeri Tembelang Jombang yang terletak di jalan raya Tembelang Jombang, merupakan sebuah madrasah dengan kualitas yang terbaik dengan visinya yaitu membentuk generasi yang unggul menguasai IPTEK yang IMTAQ serta ber-akhlakul karimah. Sedangkan misinya adalah mengantarkan Peserta didik untuk memiliki dasar-dasar pengetahuan dan teknologi, memberikan keteladanan kehidupan atas dasar kemampuan Aqidah, budi pekerti , kebajikan amal serta memberikan pelayanan bagi perkembangan minat dan potensi Siswa untuk berprestasi. Realita pembelajaran yang ada di MTsN Tembelang Jombang, terutama bidang al-Qur'an Hadits kebanyakan menggunakan metode ceramah, dengan pengajaran yang kurang efektif. Oleh karena itu, diadakan implementasi pengembangan pengalaman belajar pada pembelajaran al-Qur'an Hadits dengan melalui beberapa teknik tahapan pengembangan pengalaman belajar. Secara metodologis, penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif, untuk memberikan gambaran atau fakta mengenai pembelajaran dengan konsep pengembangan pengalaman belajar dalam pembelajaran al-Qur'an Hadits dengan mengaplikasikan teknik tahapan pengembangan pengalaman, Setelah penelitian ini dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa melalui pengembangan pengalaman pembelajaran yang disampaikan oleh guru ini dilakukan secara bertahap yakni ada 3 tahapan yaitu : yaitu tahap prainstruksional, tahap instruksional, tahap penilaian dan tindak lanjut, mempunyai peningkatan yang signifikan yaitu anak-anak dapat merima pelajaran al-Qur'an Hadits dengan baik dan dapat dikembangkan dalam dunia pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadliroh, UmyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Al Qur'an
Hadis
Uncontrolled Keywords: Pengembangan pengalaman belajar; al-Qur’an Hadits
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2018 07:54
Last Modified: 23 Jan 2018 07:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22053

Actions (login required)

View Item View Item