Fenomena partisipasi politik Pedagang Kaki Lima binaan Pemerintah Kota di Surabaya Selatan pada Pemilihan Kepala Daerah 2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Ummul (2018) Fenomena partisipasi politik Pedagang Kaki Lima binaan Pemerintah Kota di Surabaya Selatan pada Pemilihan Kepala Daerah 2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ummul Faizah_E04212009.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana motif partisipasi politik pedagang kaki lima binaan pemerintah kota di Surabaya selatan. Bagaimana bentuk partisipasi politik pedagang kaki lima binaan pemerintah kota di Surabaya slatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motif-motif partisipasi politik pedagang kaki lima binaan pemerintah kota di Surabaya selatan dan untuk mendeskripsikan bentuk partisipasi politik pedagang kaki lima binaan pemerintah kota di Surabaya selatan. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif yaitu penelitian yang tujuannya untuk menguraikan, menerangkan atau menjelaskan secara mendalam tentang variabel tertentu. Sedangkan pengamilan data dilakukan kepada informan yang berasal dari kalangan PKL binaan pemkot dengan menggunakan metode wawancara. Dari hasil penelitian diketahui bahwa fenomena partisipasi politik pedagang kaki lima binaan pemerintah kota di Surabaya Selatan pada pemilihan kepala daerah 2015 tidak lepas dari adanya motif yang mendorong pedagang kaki lima binaan dalam berpartisipasi. Adapun motif dipengaruhi oleh adanya keyakinan dalam diri individu, orientasi pemimpin dan juga karena adanya kesadaran warga negara yang memiliki hak dan dan kewajiban untuk turut memberikan kontribusi bagi perkembangan bangsa. mereka berpartisipasi atas dasar pertimbangan rasional. Sebagian PKL binaan telah menilai secara objektif pilihannya dalam arti memiliki kesadaran diri dan secara sengaja sebagaimana yang telah dijelaskan pada bab dua bahwa mereka berhasrat menjadi berpengetahuan, mempengaruhi suara legislator. Meski dengan adanya vote getter hal tersebut tidak mempengaruhi niat awal mereka untuk berpartisipasi berdasarkan pilihan yang yang telah ditentukan oleh diri mereka sendiri. Dan partisipasi politik pedagang kaki lima binaan ditunjukkan dalam bentuk memberikan suara atau votting dalam pilkada, mengikuti kampanye dan menjadi saksi dalam pemilu. Karena adanya keyakinan dalam diri individu dan rasa antusias yang cukup tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Ummulvaizanora@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pedagang > Kaki Lima
Kepala Daerah
Politik
Pemilihan Umum
Keywords: Partisipasi politik; PKL binaan; Pilkada
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Faizah Ummul
Date Deposited: 19 Jan 2018 08:04
Last Modified: 19 Jan 2018 08:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22033

Actions (login required)

View Item View Item