Peningkatan hasil belajar PKn melalui penerapan metode cooperative learning tipe Group Investigation (GI) siswa kelas IV SD Pancasila 45 Tembok Dukuh VI/10 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiruzzaini, M. (2012) Peningkatan hasil belajar PKn melalui penerapan metode cooperative learning tipe Group Investigation (GI) siswa kelas IV SD Pancasila 45 Tembok Dukuh VI/10 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Khoiruzzaini_D07208048.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar seorang pengajar hendalcnya dan tergolong keharusan menggunakan pendekatan atau metode pembelajaran, dalam kesempatan ini peneliti menggunakan metode Cooperative Learning tipe GI dengan bentuk belajar demolcratis kelompok yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang masih rendah berdasarkan hasil belajar sebelumnya, metode Cooperative Learning tipe GI adalah sebuah cara untuk memperbaiki pembelajaran yang kurang efektif. Sehingga pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari sangat menancap karena bahan belajar dan i pemikiran-pemikiran siswa sendiri tentu tidak mudah dilupakan, sehingga nilai yang diharapkan dapat tercapai sesuai dengan KKM. Pembahasan masalah mendalam pada penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Bagaimana sebenarnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Pl(n kelas IV di SD Pancasila 45 Tembok Dukuh? (2) Bagaimana pelaksanaan metode Cooperative Learning tipe GI pada pembelajaran PICT' siswa kelas IV di SD Pancasila 45 Tembok Dukuh? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui penerapan metode Cooperative Learning tipe GI pada pembelajaran PKn siswa kelas IV di SD Pancasila 45 Tembok Dukuh?. Tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Menjelaskan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pl(n kelas IV di SD Pancasila 45 Tembok Dukuh. (2) Menjelaskan pelaksanaan metode Cooperative Learning tipe GI pada pembelajaran Pl(n siswa kelas IV di SD Pancasila 45 Tembok Dukuh. (3) Menjelaskan peningkatan hasil belajar melalui metode Cooperative Learning tipe GI pada pembelajaran Pl(n siswa kelas IV di SD Pancasila 45 Tembok Dukuh VI/10 Surabaya. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus, data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: basil belajar siswa yang diambil dan i pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dan siswa dalam pembelajaran yang diambil dani lembar observasi. Hasil penelitian diakhir siklus ini menunjukan bawa hasil belajar mencapai 80,2nilai rata-rata siswa. Hasil observasi guru sudah mencapai indikator keberhasilan dengan perolehan skor 83,7% dan observasi siswa 92,2% semua indikator tersebut mencapai kriteria ketuntasan awal yaitu >75. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode Cooperative Learning tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PICn kelas IV di SD Pancasila 45 Tembok Dukuh VI/10 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiruzzaini, M.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; PKn; metode cooperative learning; tipe Group Investigation (GI)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2018 04:35
Last Modified: 18 Jan 2018 04:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22015

Actions (login required)

View Item View Item