Peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian dengan cara susun pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Klapayan 2 Sepuluh Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alvi, Farosyita (2012) Peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian dengan cara susun pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Klapayan 2 Sepuluh Bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farosyita Alvi_D37208012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sebagaimana diketahui, bahwa matematika adalah ilmu deduktif, formal, hierarkhis. menggunakan bahasa simbol dan objek kajiannya bersifat abstrak. Adanya perbedaan karakteristik antara anak usia MI/SD dan matematika, mengakibatkan adanya kesulitan dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu diperlukan cara yang efektif untuk menjembatani antara tahap berfikir anak usia MI/SD yang masih dalam tahap berfikir operasional konkret dengan pelajaran matematika yang objek kajiannya bersifat abstrak. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa materi perkalian di SDN Klapayan 2 Sepulu Bangkalan? (2) Bagaimana penerapan cara susun pada pelajaran matematika di SDN Klapayan 2 Sepulu Bangkalan? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar perkahan dengan menggunakan cara susun diSDN Klapayan 2 Sepuluh Bangkalan? Dengan penggunaan cara susun, siswa akan lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran sehingga siswa tersebut bisa lebih mudah memahami materi dan pembelajaran akan menjadi lebih efektif yang secara tidak langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dan i penelitian yang dilaksanakan adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan cara susun ini dapat meningkatkan hasil belajar dan alctivitas guru dan siswa dalam pembelajaran di kelas III SDN Klapayan 2 Sepulu Bangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan 4 langkah yaitu pelrencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data hasil penelitian berupa data hasil belajar yang diambil melalui tes pada akhir tiap siklus. Aktifitas siswa dan guru yang dijaring melalui observasi/pengamatan oleh guru dan peneliti, untuk mengetahui tentang aktifitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Data dianalisis secara kualitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa serta peningkatan aktifitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran pada siklus 1 ke siklus 2. Hasil penelitian menunjuldon bahwa cam susun dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta aktifitas guru dan siswa hal ml dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dan i sildus 1 mendapat 75% kemudian ke siklus 2 mendapat 90,6% dan aktifitas guru dan i siklus 1 mendapat 72% kemudian pada siklus 2 mendapat 75% serta aktifitas siswa juga meningkat dan i siklus 1 mendapat 70% kemudian ke siklus 2 mendapat 87%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alvi, FarosyitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; cara susun; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2018 04:22
Last Modified: 18 Jan 2018 04:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22013

Actions (login required)

View Item View Item