STUDI TEOLOGI HARUN NASUTON

Akhiyat, Akhiyat (1996) STUDI TEOLOGI HARUN NASUTON. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sering dikemukakan, faktor lingkungan, baik politik maupun ekonomi di samping kapasitas individu, mempengaruhi karya seseorang, betapapun sakralnya karya itu. Misalnya, Karya keagamaan. Terhadap Harun Nasution, tokoh yang disorot dalam kajian ini, apakah kondisi struktural sosial, politik dan budaya berpengaruh terhadap karya-karyanya dan apakah parameternya.
Bila dicermati secara mendalam gagasan pokok Harun Nasution adalah masalah pembaharuan teologi" Bagi umat yang sedang membangun teologi rasional perlu mendapat tempat yang besar di sanubari. umat IsLam nenggantikan teologi Asy'ariah Apakah benar tesis Harun Nasution tersebut.
Betulkah teologi rasional merupakan terapi yang tepat guna mengatasi problem umat. Bukankah gagasan itu sebenarnya sudah muncul pada abad ke-10 yang tentu saja, kondisi struktur masyarakat pada waktu
itu berbeda dengan abad kini. dengan demikian apakah masih relevan untuk dikembangkan.
Seandainya, gagasan Harun tadi kurang relevan adakah sumbangannya terhadap perkembangan pemikiran lslam di Indonesia. Apa yang harus dikerjakan cendikiawan Islam menjawab tantangan jaman.

Diharapkan dengan studi ini sosok pemikiran harun nasution dapat diketahui secara proporsional. Dengan mengetahui citra intelektual harun nasution, kita dapat memahami apa yang sudah dikerjakan harun dan apa yang masih harus dikembangkan cendikiawan islam yang lain. Apakah pemikiran itu masih relevan untuk dikembangkan dalam konteks islam ke kinian dan keindonesiaan.
Metode yang digunakan dalam pembahasan ini adalah metode library research yang pada akhirnya menghasilkan kesimpulan diantaranya, harun nasution, tokoh inelektual yang disorot dalam kajian ini, tidak terlepas dari pengaruh sosialisasi kondisi structural yang melingkupi dari pemikiran itu sendiri, oleh karenanya berpengaruh terhadap citra intelektualnya.
Aspek pembaharuan itulah yang merupakan benang merah dari pemikiran harun yang meliputi, pembaharuan teologi, filsafat, da pemikiran politik islam, sehingga pendekatan keilmuan harun lebih liberal bila dibandingkan tokoh pembaharu di jamannya, seperti rasyid, hamka, h. agus salim, natsir. Disinilah harun lebih terbuka dan jauh dari kesan menggurui.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teologi Islam
Subjects: Teologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Arsip Ushuluddin
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2014 04:08
Last Modified: 24 Feb 2015 12:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22

Actions (login required)

View Item View Item