Motivasi berprilaku sosial: studi kasus Ny Aisyah warga Kelurahan Bulak Surabaya yang meraih juara teladan I Pahlawan Sosial dalam penganugerahan Social Award dari Dinas Sosial Surabaya

Ardianto, Denni (2009) Motivasi berprilaku sosial: studi kasus Ny Aisyah warga Kelurahan Bulak Surabaya yang meraih juara teladan I Pahlawan Sosial dalam penganugerahan Social Award dari Dinas Sosial Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Denny Ardianto_B07302026.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah motivasi berprilaku sosial seorang warga keluarahan Bulak bernama Ny. Siti Aisyah yang merahi penghargaan Juara Teladan I Pahlawan Sosial dalam penganugerahan Social Award 2008 dan i Dinas Sosial Surabaya. Adapun penelitian ini dilakukan dengan tujuan: untuk mendeskripsikan alasan-alasan Ny. Siti Aisyah memilih merawat sekaligus memandikan jenasah. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa data kualitatif deskriptif. Kemudian data tersebut di analisis secara kritis dengan dasar-dasar teori yang ada. Dan i hash l penelitian ini ditemukan bahwa Ny. Siti Aisyah dalam prilaku sosial memiliki tingkat kebutuhan aktualisasi din i sangat besar, sedangkan untuk mencukupi kebutuhan hidup temyata bekerja di sektor lain. Hal-hal yang mengikat, menekan dan memberikan beban kewajiban yang harus dilaksanakan dan cenderung diam dalam menghadapai konflik dapat dilatarbelakani oleh sejarah psikologis yang dialaminya sejak kecil. Sedangkan keputusan untuk memilih merawat sekaligus memandikan jenasah dapat diakibatkan identitas sosial yang kuat di masyarakat diawali sejak Ny Siti Aisyah mengikuti Ibunya (Ny Mardiyah). Dalam hal ini juga nilai-nilai agama juga berperan penting dalam perilaku sosial Ny Siti Aisyah dalam memotivasi dirinya. Adapaun pula pengharapan Ny Siti Aisyah untuk melakukan regenerasi, terwujud dalam kesamaan pola belajar yang dia alami ketika bersama ibunya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muhid, Abdul
Uncontrolled Keywords: Prilaku sosial; Ny. Siti Aisyah; penganugerahan Social Award
Subjects: Perilaku
Sosiologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2018 07:13
Last Modified: 17 Jan 2018 07:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21995

Actions (login required)

View Item View Item