Analisis penerapan pengendalian risiko pada produk kafalah pembiayaan surety bond di PT. Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah KPS Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Sita Afifatus (2017) Analisis penerapan pengendalian risiko pada produk kafalah pembiayaan surety bond di PT. Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah KPS Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sita Afifatus Sa'diyah_C04213058.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Penerapan Pengendalian Risiko pada produk kafa<lah pembiayaan surety bond di PT. Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah KPS Surabaya” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang risiko yang ada pada produk kafa<lah pembiayaan surety bond dan bagaimana pengendalian risiko pada produk kafa<lah pembiayaan surety bond di PT. Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah KPS Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus pada objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan staff bidang operasional, staff bidang keuangan dan kepala kantor pemasaran syariah (KPS) Surabaya serta di dukung dengan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian yang diperoleh adalah risiko yang dihadapi PT. Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah pada produk kafa<lah pembiayaan surety bond meliputi risiko operasional, risiko pasar, risiko klaim serta risiko gugatan. Risiko yang dikhawatiran oleh pihak PT.Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah (PT.JPAS) KPS Surabaya adalah risiko klaim, karena apabila timbul klaim maka akan mempengaruhi tingkat profitabilitas PT.JPAS. Pengendalian yang dilakukan oleh PT.JPAS KPS Surabaya yakni dengan beberapa kebijakan untuk menekan terjadinya kerugian meliputi penetapan limit penjaminan KPS, Analisis pengajuan surety bond, serta Maintenance. Perlu adanya penerapan manajemen risiko berdasarkan prinsip syariah dimana hal selain melakukan penjaminan dan mengharap laba, penerapan prinsip syariah diperlukan guna saling menguntungkan antara kedua belah pihak (penjamin dan dijamin).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Sita Afifatussita.afifatus@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen
Uncontrolled Keywords: Pengendalian risiko; Surety bond
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sa'diyah Sita Afifatus
Date Deposited: 17 Jan 2018 07:39
Last Modified: 17 Jan 2018 07:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21991

Actions (login required)

View Item View Item