Hubungan antara kepuasan terhadap pelayaanan dengan loyalitas pasien pengguna jasa Askes pada instalasi rawat jalan di RSU Haji Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Dyah Pramana (2009) Hubungan antara kepuasan terhadap pelayaanan dengan loyalitas pasien pengguna jasa Askes pada instalasi rawat jalan di RSU Haji Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dyah Pramana Putri_B07205077.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepuasan terhadap pelayanan dengan loyalitas pasien pengguna jasa Askes pada instalasi rawat jalan di RSU Haji Surabaya. Menurut oliver kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakannya. Sedangkan pelayanan menurut Devire mendevinisikan pelayanan sebagai penciptaan terhadap pengalaman-pengalaman positif yang dapat diharapkan oleh para konstunen dan melampaui harapan-harapan mereka. Oliver mendevinisikan loyalitas sebagai komitment yang dipegang tegult untuk membeli ulang atau berlangganan dengan jasa secara konsisten dimasa mendatang. Pasien yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan akan cenderung loyal dan akan mengulangi kunjungan untuk mendapatkan kepuasan yang sama. Pelayanan yang baik pula akan menimbullcan pencitraan yang positif bagi para pasien. Adapun hipotesis yang di ajukan adalah adanya hubungan yang signifikan antara kepuasan terhadap pelayanan dengan loyalitas pasien. Subyek dalam penelitian ini adalah para pengguna jasa Askes di poli syaraf, poli jantung, poli paru, poli penyakit dalam dan poli mata yang pada masing-masing poli diambil sample hanya 10 orang. Jadi jumlah subyek pada penelitian in ada 50 subyek. Teknik yang diambil dan i penelitian ini dengan menggunakan random sampling atau sample yang di pilili secara acak. Berdasarkan hasil analisis Kendalls Tau di peroleh nilai Z hitung sebesar 4,156 dengan Z table 1.96. Dengan demikian berani terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan terhadap pelayanan nunah sakit dengan loyalitas pasien pengguna jasa Askes pada Instalasi rawat jalan diRSU Haji Surabaya. Hal ini berarti kepuasan terhadap pelayanan dengan komponen-komponen di dalamnya dapat di jadikan variable predictor untuk mengukur tingkat loyalitas pasien. Untuk peneliti selanjutnya waktu mengambil data tidak hanya dengan alat ukur saja melainkan di lengkapi dengan observasi dan wawancara agar hasil yang akan di peroleh menjadi semakin akurat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Dyah PramanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Asuransi Jiwa
Layanan
Psikologi Sosial
Uncontrolled Keywords: Kepuasan; pelayanan; loyalitas pasien
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2018 07:57
Last Modified: 16 Jan 2018 07:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21971

Actions (login required)

View Item View Item