Tinjauan pola asuh orangtua terhadap kompetensi interpersonal pada siswa jurusan administrasi perkantoran SMKN 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Lailatul (2009) Tinjauan pola asuh orangtua terhadap kompetensi interpersonal pada siswa jurusan administrasi perkantoran SMKN 1 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Rahmah_B07205027.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi interpersonal pada siswa SMKN 1 Surabaya berdasarkan pola asuh orang tua. Pola asuh merupakan pola interaksi antara orang tua dan anak selama mengadakan kegiatan pengasuhan, yaitu cara penataan tingkah laku anak yang diterapkan orang tua sebagai tanggung jawab dalam pembentukan kedewasaan anak dan merupalcan suatu sikap yang dipakai oleh orang tua dalam mendidik dan meletakkan norma-norma kepribadian seorang anak. Sedangkan kompetensi interpersonal adalah kemampuan individu untuk melakukan komunikasi secara efektif dalam menjalin, menjaga dan membina hubungan dengan individu lainnya yang meliputi kemampuan berinisiatif memulai hubungan, kemampuan untuk membuka diri, kemampuan untuk bersikap asertif, kemampuan untuk memberi dukungan emosional dan kemampuan untuk mengelola dan mengatasi konflik-konflik yang timbul dalam hubungan interpersonal. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pola asuh, sedangkan variabel terikat adalah kompetensi interpersonal. Untuk pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 100 siswa yang cukup memenuhi syarat dan sesuai dengan tujuan penelitian mi. Untuk pengumpulan data digunakan skala pola asuh dan kompetensi interpersonal. Dalam pengolahan data telcnik yang digunakan adalah Anova satu arah. Berdasarkan hasil Anova satu arah, maka diperoleh basil Finning = 2371 dengan signifikansi 0.099. Karena signifikansi > 0,05, inaka Ho diterima, Ha ditolak. Dengan demikian tidak ada perbedaan kompetensi interpersonal ditinjau dan i pola asuh orang tua baik secara otoriter, permissif maupun demokratis, Jadi, tidak ada perbedaan kompetensi interpersonal pada siswa jurusan administrasi perkantoran di SMKN 1 Surabaya ditinjau dani pola asuh orang tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, LailatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Psikologi Sosial
Orang tua dan Anak
Uncontrolled Keywords: Kompetensi interpersonal; pola asuh orang tua
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2018 07:45
Last Modified: 16 Jan 2018 07:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21970

Actions (login required)

View Item View Item