Upaya wakil kepala sekolah di bidang kesiswaan dalam mengatasi delinquency siswa di SMP al-Islah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laily, Nisfu Nur (2010) Upaya wakil kepala sekolah di bidang kesiswaan dalam mengatasi delinquency siswa di SMP al-Islah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nisfu Nur Laily_D33206008.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Siswa adalah Peserta didik yang sedang belajar di sekolahan. Remaja adalah masyarakat yang akan datang, dapat di perkirakan bahwa gambaran kaum remaja sekarang adalah pencerminan masyarakat yang akan datang. Namun kenyataannya menunjulckan bahwa perubahan zaman yang di tandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan telcnologi selalu mengakibatkan perubahan sosial. Sampai saat ini wakil kepala sekolah di bidang kesiswaan masih di anggap saran apling ampuh untuk mengatasi berbagai pengaruh negatif yang mungkin timbul dan berpengaruh pada generasi muda. Oleh karena itu dalam kegiatan di sekolah, semua pihak turut serta bertanggung jawab dalam mensukseskanprogram pendidikan tersebut. Sehingga generasi muda tidak mudah terjerumus dalam perbuatanyang menyimpang. Berkaitan dan i latar belakang di atas, peneliti mengadakan penelitian tentang delinquency siswa yang masih berstatus siswa SMP yang bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk delingqency siswa di SMP Al-Islah Surabaya dan untuk mengetahui upaya Wakil kepal sekolah di bidang kesiswaan dalam mengatasi delinquency siswa di SMP Al-islah Surabaya. Untuk meperoleh data yang di inginkan, dalam penelitian ini peneliti ini menggunakan beberapa metode, yaitu; interview, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan untuk mengelola data yang terkumpul penlis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa bentuk-bentuk delinguency siwa yang ada di SMP Al-islah Surabaya masih tergolong delinguency ringan yang tidak sampai melanggar hukum. Sedangkan upaya wakil kepala sekolah di bidang kesiswaan dalam mengatasi delinquency siswa di SMP Al-islah Surabaya yaitu menggunakan upaya preventif (pencegahan), represif (penghamabat), kuratif (penyembuhan). Sedangkan untuk saran, penulis menyarankan kepada wakil kepal sekolah di bidang kesiswaan untuk meningkatakn kerja sama dengan sesame guru maupun pihak yang terkait dalam mengelola pendidikan, pihak sekolah lebih meningkatkan pengawasan terhadap siswanya, benar-benar menyiapkan mentalnya dalam menghadapai arus globalisasi dengan cara lebih mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laily, Nisfu NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Tercela
Kepala Sekolah
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Wakil kepala sekolah; bidang kesiswaan; deliquency
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2018 07:13
Last Modified: 16 Jan 2018 07:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21964

Actions (login required)

View Item View Item