Etika memuliakan tamu dalam surat al-dzariyat ayat 24-33 menurut Sayyid Qutb dalam tafsir Fi Dzilal al-Quran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bahrun, Zainuddin Akbar (2017) Etika memuliakan tamu dalam surat al-dzariyat ayat 24-33 menurut Sayyid Qutb dalam tafsir Fi Dzilal al-Quran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zainuddin Akbar Bahrun_E03213093.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Quran merupakan kitab suci yang membahas segala aspek kehidupan manusia, yang mengatur kemasyarakatan dan segala tatanan nilai, maka, sesorang harusnya mengetahui hal tersebut dan menjalankannya dengan baik. Karena, dewasa ini banyak masyarakat modern yang mulai tidak peduli dan bertindak tak acuh dalam kehidupan bermasyarakat salah satunya dalam memuliakan tamu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan etika dalam memuliakan tamu yang terdapat dalam Tafsir Fi Zilal al-Qur’an. dan juga, penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan teori yang dipakai oleh Sayyid Qutb dalam menafsirkan surat al-Dzariyat ayat 24-33. Penelitian ini merupakan penelitian library research dengan model penelitian kualitatif. Adapun kajian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian teori. Sumber data di dapat dengan data primer dan data sekunder, data yang diperoleh yaitu dengan cara dokumentasi. Sedangkan alat analisis menggunakan metode deskriptif analitik.
Hasil penelitian dari penulisan ini bahwa, penafsiran etika memuliakan tamu yang terdapat dalam tafsir fi Zilal al-Qur’an disebutkan bahwa nabi Ibrahim menjawab salam pada tamunya, mempersilahkan masuk tamunya, memberikan jamuan, mensegerakan dan mempersilahkan tamunya untuk menikmatinya, dan menanyakan maksud dan tujuan tamu tersebut mendatangi nabi Ibrahim. Adapun penafsiran Sayyid Qutb dalam menafsirkan surat al-Dzariyat ayat 24-33 menggunakan teori penafsiran Munasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bahrun, Zainuddin Akbarzenbahrun@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Etika memuliakan tamu
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Bahrun Zainuddin Akbar
Date Deposited: 17 Jan 2018 06:15
Last Modified: 17 Jan 2018 06:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21961

Actions (login required)

View Item View Item