Attachment pengasuh dengan anak panti asuhan usia pra-sekolah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktyanti, Ike (2017) Attachment pengasuh dengan anak panti asuhan usia pra-sekolah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ike Oktyanti_B77213069.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitianini memiliki fokus penelitian yaitu bagaimana bentuk Attachment pengasuh dengan anak pantiasuhan usia prasekolah hingga anak mampu melewati tahap perkembangannya dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan triangulasi sebagai validasi data. Subjek penelitian adalah orang tua asuh dari anak panti asuhan usiapra-sekolah, kemudian panti asuhan yang dipilih sebagai lokasi penelitian adalah Yayasan bahbubiyah. Penelitian ini menemukan beberapa temuan, yaitu ketiga subjek penelitian menerapkan kelekatan aman kepada anak panti asuhan usia pra-sekolah sehingga anak panti asuhan usia pra-sekolah mampu menunjukkan sikap adaptif atau mudah akrab, kemudian mampu menunjukkan sikap Percaya diri serta tumbuh dengan mandiri, hal tersebut sesuai dengan yang di kemukakan oleh Bowlby (dalam Farrington, 2005) bahwa attahment aman yang diperoleh anak merupakan fondasi untuk terbentuknya kemandirian dan membimbing anak dalam berhubungan dengan orang lain di masa depan. temuan lain dari penelitian ini adalah faktor yang menjadikan anak panti asuhan usia pra-sekolah mampu menjalin kelekatan aman dengan pengasuh atau subjek penelitian adalah dikarenakan melakukan banyak aktivitas bersama, pengasuh merespon tingkah laku anak, kemudian adanya kepuasan anak pada subjek penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktyanti, IkeOktyan.bb@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Sosial
Uncontrolled Keywords: Gaya Attachment; Anak panti asuhan; usia pra-sekolah
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Oktyanti Ike
Date Deposited: 25 Jan 2018 02:06
Last Modified: 25 Jan 2018 02:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21956

Actions (login required)

View Item View Item