Implementasi parent day dalam meningkatkan partisipasi orang tua di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Waru I Kureksari Sidoarjo

Hasan, Muchlisul (2012) Implementasi parent day dalam meningkatkan partisipasi orang tua di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Waru I Kureksari Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchlisul Hasan_D03207059.pdf

Download (12MB)

Abstract

Dalam UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan salah satu misinya adalah memberdayakan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi daerah dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kemudian masyarakat berperan dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan yang meliputi perencanaan, pengawasan dan evaluasi program pendidikan melalui Dewan Pedidikan dan Komite Sekolah/Madrasah. Pembinaan pendidikan dasar dan menengah adalah mewujudkan manajemen pendidikan atau masyarakat dengan memperkenalkan dewan pendidikan di tingkat kabupaten/kota serta pemberdayaan atau pembentukaan komite sekolah ditingkat sekolah. Masyarakat khususnya orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia pedidikan anak-anaknya,Tidak ada yang bisa membantu anak untuk berhasil tanpa adanya keterlibatan orang tua. Sedikit kemauan kecil dan i orang tua, bisa memberikan keajaiban kepada anak di sekolah. Orang tua tentu ingin anak-anak mereka berhasil di sekolah, tetapi kadang banyak orang tua yang masih menganggap remeh akan peranannya terhadap keberhasilan pendidikan anak-anaknya di sekolah. Di sekolah sebagaimana dalam kehidupan sehari-hari, dukungan yang konsisten dan i orang tua sangat penting untuk mempertahankan kepercayaan din i siswa dan keinginan berprestasi. Orang tua memainkan empat peran yang berbeda dalam pendidikan anak-anak mereka : pembimbing, teman, guru, dan penegak disiplin. Pemahaman tentang peran ini dapat membantu orang tua untuk membantu anak mereka dalam menghadapi tantangan belajar dan sudah selayaknya orang tua terus berusaha agar anak-anak mereka mencapai tujuan dalam belajar dan berusaha menghindari kesulitan belajar yang dihadapi oleh anak-anak mereka. Berpijak dan i latar belakang masalah diatas, maka terdapat beberapa rumusan masalah yaitu: pertama, bagaimana implementasi parents day dalam meningkatkan partisipasi orang tua di madrasah ibtidaiyah nahdlatul ulama kurek sari waru 1 sidoarjo? kedua, apa saja program orang tua dalam implementasi parents day dalam meningkatkan partisipasi orang tua di madrasah ibtidaiyah nahdlatul ulama kurek sari waru I sidoarjo? Ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat implementasi parents day dalam meningkatkan partisipasi orang tua di madrasah ibtidaiyah nahdlatul ulama kurek sari waru I sidoarjo?

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Asrohah, Hanun
Uncontrolled Keywords: Parents day; orang tua
Subjects: Manajemen dan organisasi sekolah
Orang tua dan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:23
Last Modified: 15 Jan 2018 07:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21942

Actions (login required)

View Item View Item