Pemikiran Asghar Ali Engineer tentang pemimpin perempuan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arif, Muhammad Ismail (2009) Pemikiran Asghar Ali Engineer tentang pemimpin perempuan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Ismail Arif_E04205012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan berjalannya waktu memasuki abad dua pu1uh, dunia dipenuhi dengan perubahan dan perkem bangan disegala bidang, tennasuk kemajuan ilmu-ilmu sosial. Dan ditengah kemajuan itu, pendekatan gender terhadap dehumanisasi sosial mulai dilakukan yaitu seiring dengan maraknya isu kesetaraan dan kemitrasejajaran antara laki­ laki dan perempuan. Pendekatan gender tersebut melahirkan kesadaran sosial bahwa selama ini direalitas sosial telah terjadi diskriminasi dan penindasan terhadap perempuan, serta pendustaan nilai-nilai kemanusiaan. Diskriminasi ini juga merambah wilayah agama, dan salah satunya adalah dalam wilayah fiqh mu 'amalah siycisah yang berhubungan dengan kebebasan perempuan dalam kehidupan sosial politik. Dalam rangka menelaah pemikiran Asghar Ali Engineer mengena1 pemimpin perempuan, maka dipergunakan penyajian secara deskriptif guna mendapatkan infonnasi secara komprehensif mengenai asumsi, proposisi serta konsep dan teori yang mendasari pemikirannya mengenai pemimpin perempuan, clan selanjutnya dianalisis. Berdasarkan dari deskripsi tersebut maka terungkaplah bahwa dalam tataran paradigmatik, Asghar Ali Engineer berorientasi pada realitas historis- ideologis, dengan menggunakan pendekatan norn1atif dan kontekstual. Dengan pendekatan normatif dan kontekstual tersebut Engineer menganalisis pemimpin perempuan. Dengan demikian, kajian ini mengenai pemikiran Asghar Ali Engineer dengan menelusuri metodologinya, yaitu pembedaan antara ayat normatif dan historis, pendekatan sosio-teologis dalam rekonstruksi hukum Islam dan teologi pembebasan dalam lslam­ dalam rangka memahami tentang pemimpin perempuan dan juga menelusuri latar be1akang sosio- kultural nya yang juga salah satu faktor yang mempengaruhi pemikirannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arif, Muhammad Ismail--UNSPECIFIED
Subjects: Wanita dalam Islam
Kepemimpinan
Keywords: Asghar Ali Engineer; pemimpin perempuan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:13
Last Modified: 15 Jan 2018 04:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21941

Actions (login required)

View Item View Item