Pengaruh sistematika materi tajwid dalam mata pelajaran Qur’an Hadis terhadap pemahaman tajwid perserta didik di MTsN Nganjuk: studi analisis tentang Peraturan Menteri Agama nomor 2 tahun 2008

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A’yun, Siti Qurrati (2011) Pengaruh sistematika materi tajwid dalam mata pelajaran Qur’an Hadis terhadap pemahaman tajwid perserta didik di MTsN Nganjuk: studi analisis tentang Peraturan Menteri Agama nomor 2 tahun 2008. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Qurroti A'yun_D01207214.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi yang berjudul "Pengaruh Sistematika Materi Tajwid dalam Mata Pelajaran Qur'an Hadis terhadap Pemahaman Tajwid Peserta Didik di MTsN Nganjuk (Studi Analisis Tentang Peraturan Menteri Agarna Nomor 2 Tahun 2008)" ini meliputi data tentang sistematika materi tajwid dalam peraturan menteri agama nomor 2 tahun 2008, pemahaman tajwid peserta didik di MTsN Nganjuk, clan hubungan antara sistematika materi tajwid dalam peraturan menteri agama nomor 2 tahun 2008 dengan pemahaman tajwid peserta didik di MTsN Nganjuk. Berkenaan dengan itu, dalam penelitian lapangan (field research) ini digunakan metode penelitian kuantitatif untuk menggambarkan tentang sistematika materi tajwid dalam Permenag nomor 2 tahun 2008, pemahaman tajwid peserta didik di MTsN Nganjuk, dan hubungan antara sistematika materi tajwid dalam Permenag nomor 2 tahun 2008 dengan pemahaman tajwid peserta didik di MTsN Nganjuk. Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sistematika materi tajwid dalam Permenag nomor 2 tahun 2008 dan pemahaman tajwid peserta didik di MTsN Nganjuk, dengan menggunakan rumus product moment. Kemudian berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian ini, susunan materi tajwid dalam Permenag nomor 2 tahun 2008 dinyatakan kurang sistematis dan pemahaman tajwid peserta didik dinyatalcan kurang, serta hubungan sistematika materi tajwid dan pemahaman tajwid peserta didik tergolong sedang atau cukup. Dengan demikian dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistematika materi tajwid dalam Permenag nomor 2 tahun 2008 berpengaruh terhadap pemahaman tajwid peserta didik. Sehingga dapat dikatakan semakin kurang sistematis susunan tajwid dalam Permenag nomor tahun 2008, maka semakin sulit untuk memahamkan peserta didik terhadap materi tajwid. Hal ini dibuktikan dengan data-data yang diperoleh melalui angket dan tes pemahaman yang kemudian dianalisis. Dengan adanya penelitian ini diharapkan setiap guru Qur'an Hadis Madrasah Tsanawiyah mampu mengembangkan materi, khususnya materi tajwid, dan i SK dan KD yang acla Hal ini mengingat begitu pentingnya materi tajwid di tingkat Madrasah Tsanawiyah sebagaimana disebutkan dalam Permenag nomor 2 tahun 2008. Salah sate tujuan mata pelajaran Qur'an Hadis adalah untuk meningkatkan kekhusyukan peserta didik dalam beribadah terlebih salat, dengan menerapkan hukum bacaan tajwid serta isi kandungan surat/ ayat dalam surat-surat pendek yang mereka baca.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A’yun, Siti QurratiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Materi
Al Qur'an
Hadis
Uncontrolled Keywords: Materi tajwid; mata pelajaran Qur’an Hadis; peserta didik; Peraturan Menteri Agama nomor 2 tahun 2008
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:43
Last Modified: 12 Jan 2018 08:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21932

Actions (login required)

View Item View Item