Pengembangan kreativitas siswa melalui program peduli lingkungan: studi kasus budi daya buah Tin di SMP Negeri 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imroni, Ahmad (2012) Pengembangan kreativitas siswa melalui program peduli lingkungan: studi kasus budi daya buah Tin di SMP Negeri 5 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Imroni_D03208074.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Sekolah sebagai suatu bentuk satuan pendidikan, tentunya diharapkan pula dapat meningkatkan mutu efisiensi dan efektifitas dalam penyelenggaraan pendidikanya.Sehubungan dengan 1m pendid ikan hendaknya tertuju pada pengembangan kreativitas peserta didik agar kelak dapat memenuhi kebutuhan pribadi, kebutuhan masyarakat dan negara. SMP Negeri 5 Surabaya merupakan salah satu wakil dari Kota Surabaya pada program Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup (Adiwiyata) tingkat Jawa Timur. Berbagai upaya sudah mulai dilakukan sekolah ini. Di antaranya mencoba mengubah perilaku siswa baru dengan memberikan tambahan mata pelajaran ramah lingkungan. Bagaimana pengembangan kreativitas siswa di SMP Negeri 5 Surabaya? Bagaimana peran guru terhadap pengembangan kreativitas siswa melalui program peduli lingkungan di SMP Negeri 5 Surabaya? Bagaimana respon siswa-siswi SMP Negeri 5 Surabaya melalui program peduli lingkungan hidup (studi kasus budi daya buah Tin)? Penelitian ini pada dasamya bersifat deskriptif kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode observasi, interview, dan dokumentasi. Kreativitas dan pengembangannya ditinjau dari dimensi pribadi kreativitas yang dimiliki setiap orang yang lahir di dunia, dimensi proses kreativitas dapat tumbuh dan berkembang merupakan hasil dari proses interaksi dari faktor-faktor internal dan ekstemal, dimensi pendorong adalah dorongan dari diri pribadi maupun dari luar dan dimensi produk adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu. Pemgembangan kreativitas siswa dapat dikembangkan melalui pembelajaran termasuk pembelajaran melalui program peduli lingkungan hidup studi kasus budi daya buah tin di SMP Negeri 5 Surabaya dilakukan secara intensif, hal ini dapat dilihat dari pembinaan siswa baik secara individual (perseorangan) dan ada secara kelompok untuk kelas 7, 8 dan 9 sebagai motifasi dalam menghadapi era globalisai. Peran guru bisa menjadikan faktor pendukung dalam Pemgembangan kreativitas siswa melalui program peduli lingkungan hidup studi kasus budi daya buah tin di SMP Negeri 5 Surabaya peran guru sebagai motivator dan sebagai fasilitator bagi para siswa-siswi di SMP Negeri 5 Surabaya, secara urnum telah menunjukkan adanya hubungan dan kerjasama antara guru dan peserta didik dalam membimbing dan mendidik siswa-siswi SMP Negeri 5 Surabaya. Respon siswa-siswi SMP Negeri 5 Surabaya sangat antusias sekali, ada nilai positif pada siswa yang telah mendapatkan pembinaan pemgembangan kreativitas siswa melalui program peduli lingkungan hidup. Dengan diketahui adanya perubahan yang positif pada sikap dan perilakunya sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imroni, Ahmad--UNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Pengembangan kreativitas; program peduli lingkungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2018 07:25
Last Modified: 12 Jan 2018 07:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21928

Actions (login required)

View Item View Item