Sistem rekrutmen guru sebagai upaya dalam penjaminan mutu pembelajaran di SMP Muhammadiyah 5 RSBI Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aminuddin, M. Yusuf (2012) Sistem rekrutmen guru sebagai upaya dalam penjaminan mutu pembelajaran di SMP Muhammadiyah 5 RSBI Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Yusuf Aminuddin_D33208010.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Sistem rekrutmen guru baru di SMP Muhammnadiyah 5 RSBI Surabaya merupakan salah satu cara untuk merekrut para ca lon guru yang berkualitas, efektif dan profesional, sehingga memberikan jaminan kepuasan bagi para pengguna jasa pendidikan, dan meningkatkan mutu pembelajaran bagi siswa baik input, proses maupun outputnya. Oleh karena itu sekolah harus selektif dalam memilih atau merekrut guru baru, dalam pengembangan Sekolah Bertaraf lnternasioanal Standar Pendidik harus profesional karena tanpa memili ki orang yang cakap dan kualitas dan bermutu, maka lembaga tersebut akan gagal mencapai tujuan yang diharapkan. Sekolah sebagai suatu sistem terbuka, sebagai sistem sosial, dan sekolah sebagai agen perubahan (agents of change) bukan hanya harus peka penyesuaian diri melainkan seharusnya harus mengantisipasikan perkembangan-perkembangan yang akan terjadi dalam kurun waktu tertentu. Di SMP Muhammadiyah 5 RSBI Surabaya ini sistem rekrutmen gurunya berbeda dengan sekolah-sekolah lain , disamping pihak panitia yang terlibat dalam proses rekrutmen guru ada juga pimpinan persyarikatan Muhammadiyah yang membantu dalam proses rekrutmen guru. Dari uraian tersebut penulis mengambil dua rumusan masalah antara lain: Bagaimanakah sistem rekrutmen guru sebagai upaya dalam penjaminan mutu pembelajaran di SMP Muhammadiyah 5 RSBI Surabaya ? Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat sistem rekrutmen guru sebagai upaya dalam penjaminan mutu pembelajaran di SMP Mu hammad iyah 5 RSBI Suraba ya ? Penelitian ini pada dasarnya bersifat deskriptif kuali1atif. Tujuan penelitian kualitatif ini adalah untuk menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada secara mendalam, rinci, dan tuntas. Dan hasil yang didapat adalah bagaimana sistem rekrutmen guru baru sebagai upaya dalam penjaminan mutu pembelajaran yaitu dengan memulai dari kegiatan proses rekrutmen, diantaranya yaitu Persiapan rekrutmen guru meliputi: pembentukan panita, pengkajian berbaga i Undang-undang, penetapan persyaratan dan prosedur pendaftaran, penetapan jadwal. Penyebaran pengumuman melalui media masa. Penerimaan lamaran guru baru yaitu melayani dengan baik para pelamar. Kemudian hasil selanjutnya adalah hal yang menjadi faktor penghambat dalam proses rekrutmen yaitu ketidaksesuaian para pelamar dalam memenuhi persyaratan administratif yang dibuat oleh panita rekrutrnen guru baru. Sedangkan faktor pendukung adalah dengan menjalin kerja sama dengan pihak luar ya i tu Pi mpinan Persyarikatan Muhammadiyah untuk dapat membantu proses rekrutmen guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aminuddin, M. Yusuf--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Sistem rekrutmen guru; penjaminan mutu pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2018 03:51
Last Modified: 25 Jan 2018 07:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21924

Actions (login required)

View Item View Item