Gagasan pembaharuan tafsir di Indonesia: kajian terhadap naskah tafsir Quran Karim karya Mahmud Yunus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Ayu Indah (2018) Gagasan pembaharuan tafsir di Indonesia: kajian terhadap naskah tafsir Quran Karim karya Mahmud Yunus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Indah Lestari_E03213018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada abad ke-20 di Indonesia muncul kitab Tafsir yang di karang oleh Mahmud Yunus, yang kebetulan Mahmud Yunus adalah seorang tokoh pembaharu Islam di Indonesia dan beliaupun menuangkan gagasan-gagasan pembaharuannya dalam tafsirnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mngetahui pembaharuan tafsiryang ada di dalamnya, latar belakang yang menyebabkan Mahmud Yunus melakukn pembaharuan dalam kitab tafsirnya dan mengetahui relevansi tafsir Quran Karim terhadap kajian tafsir di Indonesia. Pembaharuan-pembaharuan yang ada dalam kitab Tafsir Quran Karim dapat dilihat dari beberapa spek yang pertama, dari aspek metodenya kedua coraknya ketiga isinya dan juga cara penyampaiannya yang memang beda di bandingkan tafsir-tafsir yang ada pada abad seebelum 20 M. Yang memang pada saat itu tidak ada penafsiran secara tertulis dalam satu jilid buku namun cara pengajarannya dengan lisan ataupun istima, berbeda dengan adab ke-20yang memng sudah di bukukan dan tertulis dengan rapi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analisis yaitu peneliti langsung melihat pada sumber primer yaitu kitab Tafsir Quran Karim karya Mahmud Yunus. Hasil penelitian ini di tunjukkan dengan adanya bukti-bukti bahwa pembaharuan dalam kitab tafsir Quran Karim itu memang ada bahkan hasil pembaharuan yang di lakukan Mahmud Yunus sangat berkontibusi terhadap penafsiran-penafsirang sesudah abad ke-20, setelah ditemukn bukti-bukti tersebut peneliti menganalisisdata tersebut sehingga memperoleh informasi pembaharuan apa saja yang ada dalamkitab Tafsir Quran Karim karya Mahmud Yunus. Data yang di temukan menunjukkan bahwa gagasan pembaharuan tafsir yang dilakukan oleh Mahmud Yunus sangatlah menguntungkan para mufassir di Indonesia yang ada pada abadsesudah 20 M. Pembaharuan yang dilakukan oleh Mahmud Yunus mampu merubah pola penafsiran yang ada di Indonesia, mulai dari coraknya, metodenya, isi bahkan penyampaiannya.Mahmud Yunus juga adalah toko pembaharu Islam di Indonesia maka dari itu Mahmud Yunus juga sangat menonjoldalam hal pembaharuan isi karna memang beliau toko pemikir pembaharu Indonesia, contohnya saja dalam kitab Tafsirnya yang bercrakkan pendidikan,layknya seorang toko pembharu Mahmud Yunus memiliki gagasan dalam tafsirnya tentang mengubah sistem pendidikan tradisionalmenjadi sistem pendidikan modern. Aspek politik, Mahmud Yunus juga sangat mendukung terhadap berdirinya negara dengan sistem demokrasi ini di tuangkan dalam kitab tafsirnya juga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Ayu Indahayuindahlestari24720@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Biografi
Budaya - Agama
Ideologi Islam
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Al Qur'an
Tafsir
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Mahmud Yunus; tafsir; Quran Karim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Lestari Ayu Indah
Date Deposited: 12 Jan 2018 06:19
Last Modified: 12 Jan 2018 06:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21921

Actions (login required)

View Item View Item