HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN PENILAIAN OTENTIK MAPEL PAI DENGAN KARAKTER SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 SIDOARJO

Muslikah, Muslikah (2015) HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN PENILAIAN OTENTIK MAPEL PAI DENGAN KARAKTER SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Out put dari pendidikan di sekolah, khususnya Pendidikan Agama Islam masih belum bisa menjadi pribadi yang berkarakter baik, hal ini disinyalir karena penilaian kelulusan siswa dalam pelajaran agama menekankan pada aspek kognitif. Jadi yang selama ini terjadi adalah siswa mengetahui materi, tapi tidak menghayati nilai-nilai di dalamnya, dan tidak pula mengamalkan apa yang telah ia pelajari. Dengan alasan ini kemudian pemerintah meluncurkan Kurikulum 2013 dengan penilaian otentiknya. Penilaian otentik dalam K-13 ini dilakukan hampir dalam setiap pertemuan dalam proses pembelajaran, dengan harapan agar siswa tidak hanya memiliki kemampuan kognitif saja, tetapi juga memiliki kemampuan afektif dan psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun metode analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis korelasional. Metode ini digunakan untuk membuktikan ada atau tidaknya hubungan antara pelaksanaan penilaian otentik pada mapel PAI dengan karakter siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: pertama, penilaian otentik yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo terdiri dari penilaian tes tulis, penilaian penugasan, penilaian tes lisan, penilaian observasi, penilaian antar teman, penilaian proyek, penilaian jurnal, penilaian diri, penilaian praktik, dan penilaian portofolio. Dan dari hasil penelitian, hampir keseluruhan siswa sudah mampu menyesuaikan diri dengan sistem penilaian otentik yang dilakukan, karena 97,5 % responden mampu mencapai nilai KKM. Kedua, karakter siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo tergolong sangat baik, karena 50% dari jumlah sampel seluruhnya mendapat nilai pada rentangan 80–100. Ketiga, dari hasil perhitungan SPSS 16.0 for windows mengenai korelasi antara pelaksanaan penilaian otentik mapel PAI dan karakter siswa, diperoleh rxy sebesar 0,316. Sedangkan harga dalam tabel untuk N sebesar 40 pada taraf signifikansi 5% adalah 0,312. Dengan kata lain rh > rt yaitu 0,316 > 0,312. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Jadi, Ada hubungan antara pelaksanaan penilaian otentik mapel PAI dengan karakter siswa SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Drs. H. Syaifuddin. M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Penilaian otentik ; Karakter siswa
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peran Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 273 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2015 04:53
Last Modified: 18 Aug 2015 04:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2192

Actions (login required)

View Item View Item