Implementasi metode pengasingan terhadap kasus siswa mencuri di pondok pesantren Manba'ul Hikam Tanggulangin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Ahmad Choirul (2012) Implementasi metode pengasingan terhadap kasus siswa mencuri di pondok pesantren Manba'ul Hikam Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Choirul Anwar_D03207062.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan studi kasus dan jenis penelitian yang dipakai dengan menggunakan metode kualitatif yang menyajikan secara langsung hakikat hubungan antara peneliti dan responden. Sebagaimana yang dilakukan di Pondok Pesantren Manba'ul Hikam Tanggulangin Sidoarjo yaitu tentang sebuah penyimpangan yang dilakukan oleh seorang anak dengan kasus mencuri. Tujuan penelitian menggunakan kualitatif adalah untuk mengetahui tentang gejala-gejala yang dihadapi oleh seorang siswa yang terkena kasus mencuri karena kasus mencuri termasuk penyakit sosial yang bisa merugikan banyak orang lain, maka perlu menggunakan metode khusus terhadap kasus mencuri yaitu dengan menggunakan metode pengasingan. Dalam proses pelaksanaan metode pengasingan terhadap kasus siswa mencuri yang dilakukan seorang siswa di Pondok Pesantren Manba'ul Hikam merupakan proses untuk membantu siswa mencuri (Mien) terhadap kasusnya dengan cara diasingkan. Usaha ini dilakukan adalah agar terhindar dan i amuk teman-temannya yang merasa dirugikan dan supaya dia tidal( mengulangi lagi kesalahan-kesalahan yang diperbuat yaitu dengan kembali ke perilaku yang benar. Hasil penelitian adalah bahwa implementasi metode pengasingan yang dilakukan oleh pengurus (konselor) terhadap kasus mencuri di Pondok Pesantren Manba'ul Hikam Tanggulangin Sidoarjo dikatakan cukup berhasil dengan penilaian prosentase 62%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, Ahmad ChoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Pencurian
Pendidikan > Pesantren
Pendidikan > Metode
Santri
Uncontrolled Keywords: Metode pengasingan; siswa mencuri; pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2018 07:58
Last Modified: 11 Jan 2018 07:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21919

Actions (login required)

View Item View Item