Pelaksanaan teknik supervisi melalui intervisitasi pada guru bidang studi di SMP Negeri 1 Maduran Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhifatin, Nadhifatin (2012) Pelaksanaan teknik supervisi melalui intervisitasi pada guru bidang studi di SMP Negeri 1 Maduran Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadhifatin_D33208013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Guru bidang studi merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan berhasilnya siswa dalam mencapai tujuan pendidikan. Maka sudah seharusnya guru bidang studi mendapatkan suatu perhatian dan pengawasan yang intensif dan sesuai dengan paradigma guru bidang studi dalam pengajaran. Melihat berapa besar peranan guru bidang studi dalam menunjang keberhasilan program pendidikan, Tetapi sering kita temui banyak guru bidang studi yang mengalami masalah dalam mengajar, hal ini yang perlu ditekankan bagi supervisor untuk membantu para guru dalam menemukan titik temu permasalahan. maka dari itu sudah sewajamya apabila dipilih suatu teknik supervisi yang mengarah terhadap pengajaran guru bidang stud i. Dalam hal ini teknik yang mengarah pada peningkatan mengajar guru bidang studi adalah teknik intervisitasi, yang mana supervisor akan membantu guru tersebut dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Masalah yang diteliti dalam skripsi yang berjudul "pelaksanaan teknik supervisi melalui intervisitasi pada guru bidang studi di SMP Negeri 1 Maduran Kabupaten Lamongan'' adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan teknik supervisi melalui intervisitasi pada guru bidang studi di SMP Negeri I Maduran Kabupaten Lamongan; (2) Bagaiman hasil pelaksanaan teknik supervisi melaliu intervisitasi pada guru bidang studi di SMP Negeri I Maduran Kabupaten Lamongan. Jenis penelitian ini berupa penelitian kualitatif yang bertujuan mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi Iingkungan, sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberikan suatu gambaran yang utuh dan terorganisir dengan baik tentang obyek-obyek yang diteliti. Berdasarkan masalah tersebut di atas dan setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa (I) Pelaksanaan teknik supervisi melalui intervisitasi pada guru bidang studi tergolong baik; (2) Hasil pelaksanaan teknik supervisi melalui intervisitasi pada guru bidang studi juga dikatakan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhifatin, Nadhifatin--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Teknik supervisi; intervisitasi; guru bidang studi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2018 07:27
Last Modified: 11 Jan 2018 07:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21918

Actions (login required)

View Item View Item