Efektifitas media visual dalam meningkatkan kemampuan memahami isi berita pada anak tunarungu di SMPLB Karya Mulia Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmatun, Agustina Suyani (2011) Efektifitas media visual dalam meningkatkan kemampuan memahami isi berita pada anak tunarungu di SMPLB Karya Mulia Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agustina Suyani Rohmatun_B07207024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak Tunarungu adalah anak yang mengalami kekurangan atau kehilangan kemampuan mendengar yang disebabkan oleh kerusakan atau tidal( berfungsinya sebagian atau seluruh alat pendengaran sehingga ia mengalami hambatan dalam perkembangan bahasanya. Ia memerlukan bimbingan dan pendidikan khusus untuk mencapai kehidupan lahir batin yang layak. Masalah pokok yang dihadapi anak tunarungu adalah sulit memahami kata-kata abstrak, sulit mengartikan kata-kata yang mengandung kiasan. Oleh karena itu Pemberian treatment media visual dimaksudkan agar dapat meningkatkan kemampuan memahami isi berita pada anak Tunarungu. Adapun masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah media visual mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatkan kemampuan memahami isi berita pada anak dengan gangguan tunarungu sebelum dan sesudah pemberian treatment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media visual dalam meningkatkan kemampuan memahami pada anak Tunarungu sebehun dan sesudah pemberian treatment. Lokasi penelitian di SLB Karya Mulia Surabaya. Dengan populasi penelitian anak Tunarungu kelas VIII di SMPLB yang terdiri dan i 14 anak Tunarungu. Desain penelitian ini adalah control time series design, sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode check list untuk mengetahui pengaruh media visual terhadap peningkatan kemampuan memahami isi berita. Hasil analisis data yang diolah dengan rumus Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Ranks Test). Dimana uji Peringkat Bertanda Wilcoxon untuk menguji hipotesis komparatif dua sampel yang berkorelasi bila datanya berbentuk ordinal (berjenjang). Setelah diuji melalui Wilcoxon Signed Ranks Test, output yang dihasilkan taraf signifikanya adalah (0.008 <0.05), maka dapat diartikan bahwa media visual efektif dalam meningkatkan kemampuan memahami isi berita pada anak tunarungu. Sehingga media visual memberi pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan memahami isi berita pada anak Tunarungu di SMPLB Karya Mulia Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmatun, Agustina SuyaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Cacat - Tunarungu
Psikologi Sosial
Teknologi
Uncontrolled Keywords: Tunarungu; media visual; berita; kemampuan memahami
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2018 03:42
Last Modified: 11 Jan 2018 08:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21909

Actions (login required)

View Item View Item