Interaksi sosial keagamaan antar kelompok etnis Jawa, Madura dan Arab di kawasan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mughniyah, Darul (2010) Interaksi sosial keagamaan antar kelompok etnis Jawa, Madura dan Arab di kawasan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Darul Mughniyah_E02206013.pdf

Download (996kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana bentuk-bentuk interaksi sosial keagamaan antar kelompok etnis (Jawa, Madura dan Arab) di kawasan Ampel Surabaya; Bagaimana proses teijadinya interaksi sosial keagamaan antar kelompok etnis (Jawa, Madura, dan Arab) di kawasan Ampel Surabaya; Faktor apakah yang mendukung dan menghambat proses teijadinya interaksi sosial keagamaan antar kelompok etnis (Jawa, Madura dan Arab) di kawasan Ampel Surabaya. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode Deskriptif Analisis Kualitatif untuk menjelaskan bentuk interaksi sosial terutama dalam hal keagamaan antar etnis (Jawa, Madura dan Arab) di Kelurahan Ampel Surabaya. Selain itu, penulis dapat mengetahui proses interaksi sosial di Kelurahan Ampel Surabaya, serta faktor pendukung dan penghambat teijadinya interaksi sosial terutama yang bersifat keagamaan antar etnis tersebut. Dimana, hubungan antar etnis itu menjadi harmonis dan beijalan lancar, karena dipengaruhi oleh Interaksi/hubungan yang bersifat sosial keagamaan. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa hubungan sosial antar etnis (Jawa, Madura dan Arab) tersebut menjadi lancar dan baik karena adanya hubungan dalam segi keagamaan antar etnis. Dan itu disebabkan mereka dalam hubungan sosial selain dalam segi keagamaan, seperti politik,sosial kemasyarakatan terlihat kurang harmonis dan baik. Dan itu semua disebabkan oleh status sosial yang membuat masing-masing kelompok etnis memilih dalam bergaul. Maka dari itu, kelompok etnis itu merasa senang dan nyaman apabila Ajaran Agama yang diyakini tersebut menjadi pedoman untuk kehidupan sosial kemasyarakatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mughniyah, DarulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Perbandingan Agama
Perbandingan Agama
Keywords: Interaksi sosial keagamaan; Kelompok etnis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2018 02:48
Last Modified: 11 Jan 2018 02:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21908

Actions (login required)

View Item View Item