HUBUNGAN KREATIVITAS GURU PAI DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMP WACHID HASYIM 4 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakiyah, Ani (2015) HUBUNGAN KREATIVITAS GURU PAI DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMP WACHID HASYIM 4 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Kenyataan di lapangan banyak dijumpai siswa yang sering bosan dan cenderung pasif ketika mengikuti proses pembelajaran PAI, hal itu dimungkinkan karena rendahnya kreativitas guru PAI, sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik dan interaksi antara guru dan siwa tidak dapat berjalan dengan baik. Dengan itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kreativitas guru PAI di SMP Wachid Hasyim 4 Surabaya? Bagaimana keaktifan belajar siswa pada bidang studi PAI di SMP Wachid Hasyim 4 Surabaya? Dan Adakah hubungan antara kreativitas guru PAI dengan keaktifan belajar siswa pada bidang studi PAI di SMP Wachid Hasyim 4 Surabaya? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional, dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu angket, wawancara/interview, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Wacid Hasyim 4 Surabaya yang berjumlah 340 siswa, yakni 3 kelas paralel untuk kelas VII, 3 kelas paralel untuk kelas VIII, dan 4 kelas paralel untuk kelas IX. Dan jumlah sampel yang akan diambil dalam penelitian ini, peneliti mengambil 10% sehingga diperoleh 34 siswa. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Hasil angket kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase untuk menjawab rumusan masalah 1 dan 2. Dari analisis tersebut diperoleh hasil prosentase untuk kreativitas guru PAI sebesar 52,2% yang berada pada standar prosentase 41%-60% dan tergolong cukup baik. Adapun hasil analisis prosentase untuk tingkat keaktifan belajar siswa pada bidang studi PAI adalah sebesar 46,3% yang berada pada standar prosentase 41%-60% dan tergolong cukup baik. Selanjutnya untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kreativitas guru PAI (X) dengan keaktifan belajar siswa pada bidang studi PAI (Y) dilakukan analisis product momaent dari Karl Pearson dan uji T untuk pengujian hipotesis. Dari hasil analisis diperoleh rxy = 0,4333 yang berada diantara 0,40-0,70, dan menunjukkan nilai positif, berarti terdapat korelasi positif antara variabel X dan variabel Y, dan itu termasuk korelasi positif yang sedang atau cukup. Dari hasil uji T diperoleh thitung = 2,719 yang lebih besar dibanding nilai ttabel untuk uji dua pihak dengan df = 34-2 = 32 pada taraf signifikan 5 % yakni 2,037 (2,719 > 2,037). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kreativitas guru PAI (X) dengan keaktifan belajar siswa pada bidang studi PAI (Y) di SMP Wachid Hasyim 4 Surabaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Drs. H. Achmad Zaini, MA
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakiyah, AniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Pengajaran
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Kreativitas, Keaktifan Belajar, Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 273 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2015 03:43
Last Modified: 18 Aug 2015 03:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2190

Actions (login required)

View Item View Item