Tinjauan hukum Islam terhadap penggantian tanah wakaf pasca pembangunan tower: di Desa Jatikalang Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Affandi, Achmad Arif (2012) Tinjauan hukum Islam terhadap penggantian tanah wakaf pasca pembangunan tower: di Desa Jatikalang Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Achmad Arif Affandi_C01205045.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang berjudul "Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penggantian Tanah Wakaf Pasca Pembangtman Tower (Di Desa Jatikalang Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo)", adapun permasalahan yang akan dibahas yaitu bagaimana deskripsi tentang penggantian tanah wakaf pasca pembangunan tower di Desa Jatikalang Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo dan bagaimana analisis hukum Islam tentang penggantian tanah wakaf pasca pembangunan tower di Desa Jatikalang Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo? Data penelitian diperoleh melalui cara interview, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif analitis. Sedangkan tmtuk data yang dipaparkan dianalisis dengan menggunakan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggantian tanah wakaf pasca pembangunan tower di Desa Jatikalang Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo berawal dari salah seorang dan i pihak keluarga wakif mempermasalahka.n penggantian tanah wakaf tersebut, karena sebelum wakif meninggal pernah berpesan kepada anaknya, bahwasannya ada beberapa tanah peninggalan wakif yang salah satu diantaranya diwakafkan dan tidak boleh ditarik kembali, digartti ataupun dijual. Akan tetapi masalah tersebut baru muncul ketika pembangunan tower sudah selesai, sedangkan tanah wakaf tersebut tidak memiliki bukti yang menguatkan yang disebut sertifikat. Menurut hukum Islam penggantian harta benda wakaf tidak dibenarkan, akan tetapi ada beberapa pendapat dalam Islam yang membenarkan bahwasarmya harta benda wakaf bisa diganti dengan memenuhi beberapa syarat dan ruktm perwakafan. Sejalan dengan uraian di atas, hendaknya setiap orang yang akan mewakafkan sebagian harta bendanya untuk didaftarkan dulu, demi mencegah permasalahan yang mtmgkin muncul seperti hal nya permasalahan yang disebutkan di atas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Affandi, Achmad ArifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Pembangunan
Wakaf
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; tanah wakaf; pembangunan tower
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:39
Last Modified: 10 Jan 2018 04:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21889

Actions (login required)

View Item View Item