Peranan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (aspek akhlak) dalam menanggulangi dampak negative Facebook peserta didik SMP PGRI Bangsal Mojokerto

Ullum, Rida Ulfa (2012) Peranan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (aspek akhlak) dalam menanggulangi dampak negative Facebook peserta didik SMP PGRI Bangsal Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rida Ulfa Ullum_D01208118.pdf

Download (700kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21882

Abstract

Fenomena facebook bagaikan bola salju. Penggunanya bertambah sangat pesat yang terjadi di hampir seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Facebook menyediakan fasilitas yang bisa menghubungkan orang dengan teman atau relasinya sehingga biasa disebut situs pertemanan atau situs jejaring sosial. Fasilitas pertemanan ini sebenamya positif, akan tetapi dalam perkembangannya, facebook temyata juga membawa dampak negatif. Dalam penelitian ini dampak negatif facebook dicoba oleh peneliti dihubungkan dengan peranan pelaksanaan pendidikan agama Islam yang diteliti pada peserta didik SMP PGRI Bangsal Mojokerto. Bagaimana peranan Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (aspek akhlak) dalam menanggulangi dampak negatif facebook pada peserta didik SMP PGRI Bangsal Mojokerto. Karakteristik populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP PGRI Bangsal Mojokerto kelas IXC. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta didik SMP kelas IX C, di SMP PGRI Bangsal Mojokerto. Untulc menguji hipotesis yang telah diajukan, perhitungan statistik dalam penelitian ini yang di pakai untuk menganalisis data adalah menggunakan runius korelasi produc moment. Dari hasil perhitungan menggunakan rumus korelasi product moment dihasilkan nilai r hitung (rxy) adalah 0,496. Nilai table "r" product moment dengan n = 30, diketahui pada taraf signifikan 5% adalah 0,349, sedangkan pada taraf signifikan 1% adalah 0,449. Dari hasil konsultasi tersebut diketahui bahwasanya rxy = 0,496 lebih besar daripada nilai tabel "r" product moment baik pada taraf signifikan 5% = 0,349 maupun 1% = 0,449. Jadi kesimpulan yang dapat penulis tarik adalah hipotesa kerja (ha) di terima dan hipotesa nihil (ho) ditolak. Sehingga yang berlaku adalah Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (aspek Akhlak) dapat menanggulangi dampak negatif facebook peserta didik SMP PGRI Bangsal Mojokerto kelas IXC. Karena itu, untuk kepala sekolah dan guru agar meningkatkan pengawasan untuk lebih memperketat pengawasan kepada peserta didik dalam hal penggunaan face book baik di dalam sekolah maupun diluar sekolah.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sutikno, Sutikno
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam; Facebook; peserta didik SMP
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2018 02:29
Last Modified: 10 Jan 2018 02:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21882

Actions (login required)

View Item View Item