Perkawinan perspektif dalam agama Katholik keuskupan Surabaya: studi kasus Gereja Hati Kudus Yesus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanim, Mufidah (2010) Perkawinan perspektif dalam agama Katholik keuskupan Surabaya: studi kasus Gereja Hati Kudus Yesus. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mufidah Hanim_E02206006.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan tentang: Perkawinan Katholik di Gereja HKY (Hati Kudus Yesus) Surabaya, prosesi dan simbol-simbol Perkawinan Katholik Gereja Hati kudus Yesus. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu analisis yang digunakan untuk mengemukakan kenyataan dan mendeskripsikan dari hasil riset Perkawinan: Perspektif Dalam Agama Katholik Keuskupan Surabaya (Gereja Katedral Hati Kudus Jesus). Hasil analisa penelitian menyebutkan bahwa Perkawinan Katholik merupakan suatu upacara suci yang yang meresmikan ikatan atau hubungan suami dan istri dalam rumah tangga. Persatuan suami dan istri dalam Perkawinan Katholik merupakan satu persatuan antara Yesus dengan Gereja yang mana tidak bisa dipisahkan atau diceraikan, kecuali kematian. Selain itu juga dalam Perkawinan Katholik terdapat persiapan-persiapan sebelum pelaksanaan perkawinan. Dalam rangka persiapan perkawinan, Gereja HKY (Hati Kudus Yesus) mempunyai program khusus, yaitu Discovery Program atau program pemantapan agar calon pasangan siap dalam menjalankan proses perkawinan dan mengarungi bahtera rumah tangga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanim, MufidahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Nikah
Uncontrolled Keywords: Perkawinan; Agama Katholik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:18
Last Modified: 09 Jan 2018 04:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21870

Actions (login required)

View Item View Item