Nilai-nilai kecerdasan qolbiyah pada konsep pendidikan Luqman Hakim dalam membina kepribadian anak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hunainah, Lu'lu'atul (2012) Nilai-nilai kecerdasan qolbiyah pada konsep pendidikan Luqman Hakim dalam membina kepribadian anak. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lu'Luatul Hunainah_D01208177.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Psikolog Barat yang notabenenya menganut paham sekular dan liberal telah mengembangkan berbagai teori kecerdasannya, semua berpusat pada Otak. Namun para pemikir Muslim berbeda pandangan, bahwa ada hati (qolbu) dalam diri manusia yang memiliki potensi lebih. Kecerdasan yang diimbangi dengan kesempurnaan akhlak dalam kepribadian muslim merupakan bagian dari fitrah manusia Krisis nilai yang melanda bangsa ini adalah tanggung jawab kita bersama, Indonesia yang menjunjung nilai-nilai budi pekerti yang luhur sebagai identitas bangsa yang menjunjung nilai-nilai pancasila haruslah kita pertahankan dengan baik. Sejarah merupakan peristiwa lampau yang telah kita lewati, jika kita tidak cermat mencari dan belajar dari pengalaman maupun nilai-nilainya, maka suatu peristiwa hanya akan berlalu begitu saja Allah SWT mengabadikan figur Luqman seorang hamba Allah yang ta'at, figur ayah yang telaten membina kepribadian anaknya yang syarat akan nilai-nilai Luhur oleh karenanya penulis tertarik ingin mengkajinya. Berdasarkan kondisi di atas, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tiga permasalahan, yaitu: pertama, bagaimana konsep pendidikan Luqman Hakim dalam membina kepribadian anak. Kedua, nilai-nilai kecerdasan qolbiyah manakah yang ada dalam konsep pendidikan Luqman Hakim dalam membina kepribadian anak. Ketiga, bagaimanakah implementasi nilai-nilai kecerdasan qolbiyah yang terkandung dari konsep pendidikan Luqman Hakim dalam membina kepribadian anak. Penelitian ini tergolong penelitian pustaka (library research), menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan format grounded theory; yaitu menggunakan proses berpikir induktif kemudian berpikir secara deduktif beranjak dari data dan mengalir pada teori-teori baru, teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, dalam pelaksanaanya, penulis melakukan penelitian dengan mengkaji benda-benda tertulis. Setelah data terkumpul selanjutnya adalah analisis data, pada penelitian ini menggunakan dua teknik analisis yaitu deduktif dan induktif. Konsep pendidikan yang ditanamkan oleh Luqman dalam membina kepribadian anknya mencakup akidah, ubudiah yang meliputi syari'ah, ibadah dan etika Sedangkan nilai-nilai kecerdasan qolbiyah yang terkandung dalam konsep pendidikan Luqman terletak pada penenaman nilai aqidah tauhid yang benar, yaitu tidak menyekutukan Allah. Karena qolbu merupakan struktur nafsani yang paling dekat dengan al-Ruh, kebutuhan al-Ruh yang paling esensial adalah kembali kepada kesucian dan kefitrahnya yaitu meng-Esakan Allah. Maka Tauhid merupakan kunci utama bagi kecerdasan qolbiyah. Adapun untuk mengimplementasi konsep pendidikan Luqman dapat dilakukan dengan metode memberi nasehat yang sifatnya persuatif, atau memberi teladan yaitu mengajar clan mencontohkan, serta pembiasaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hunainah, Lu'lu'atul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: Kepribadian; kecerdasan qolbiyah; konsep pendidikan Luqman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2018 04:12
Last Modified: 08 Jan 2018 04:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21856

Actions (login required)

View Item View Item