Pengaruh penerapan tutor sebaya ekstrakurikuler Baca Tulis Al Qu ran (BTQ) terhadap kemampuan membaca AL-Quran siswa di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafiana, Lila (2012) Pengaruh penerapan tutor sebaya ekstrakurikuler Baca Tulis Al Qu ran (BTQ) terhadap kemampuan membaca AL-Quran siswa di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lila Hafiana_D31208031.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji pengaruh penerapan tutor sebaya ekstrakurikuler BTQ terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo ini dengan tujuam untuk mengetah ui 1. Bagaimanakah penerapan tutor sebaya ekstrakurikuler BTQ di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo? 2. Bagaimanakah kemampuan membaca Al-Quran siswa di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo? 3. Bagaimanakah pengaruh penerapan tutor sebaya ekstrakurikuler BTQ terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan bentuk penel itian lapangan, jenis k uantitati f. dengan pendekatan deskriptif model sebab akibat, dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus statistik yaitu rumus prosentase dan rum us uji t agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, wawancara dan penyebaran angket dapat disimpulkan bahwa penerapan tutor sebaya ekstrakurikuler BTQ di SMA Negeri I Gedangan sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Hal ini dibuktikan dari keaktifan para siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Serta hasi l dari perhitungan angket penerapan tutor sebaya ekstrakurikuler BTQ yang berada pada rentangan 56% - 75% yang tergolong cukup. Sedangkan kemampuan membaca Al-Quran siswa di SMA Negeri I Gedangan berdasarkan hasil tes yang dilakukan peneliti diperoleh hasil bahwa siswa yang mendapat nilai A sebanyak 20 siswa. sedangkan yang mendapat nilai B 19 siswa dan yang mendapat nilai C hanya I siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca Al-Quran siswa sudah baik. Hasil analisis data tentang pengaruh penerapan tutor sebaya ekstrakurikuler BTQ terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa di SMA Negeri I Gedangan ternyata dengan metode tutor sebaya mempunyai p.engaruh terhadap peni ngkatan kemampuan membaca Al-Quran siswa. Dari hasi l perhi tungan dengan uji t, dengan db = 39 dikonsultasikan pada tabel t dengan taraf signifikansi 5% adalah 2,02 dan I % adalah 2,71. Dengan demikian t hitung adalah jauh lebih besar daripada t tabel, yaitu 2,02 < 3,748 > 2,71 maka Ho ditolak dan Ha d i teri ma. Kesimpulan dari penel itian ini yaitu antara jumlah nilai membaca sebelum tutor sebaya dan sesudah tutor sebaya ekstrakurikuler BTQ terdapat perbedaan yang signifikan yang berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa di SMA Negeri I Gedangan Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafiana, Lila--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Tutor sebaya; ekstrakurikuler; Baca Tulis Al Quran (BTQ); kemampuan membaca Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2018 03:52
Last Modified: 08 Jan 2018 03:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21854

Actions (login required)

View Item View Item