Seni tayub dalam kehidupan masyarakat : fungsi sosial dan politik seni tayub dalam kehidupan masyarakat di Desa Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sudarsih, Sudarsih (2011) Seni tayub dalam kehidupan masyarakat : fungsi sosial dan politik seni tayub dalam kehidupan masyarakat di Desa Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sudarsih_B05207027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji beberapa fenomena sosial yang terdiri dan i (a) bagaimana pelaksanaan seni tayub di Desa Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk?, (b) Bagaimana fungsi sosial dan politik seni tayub di dalam kehidupan masyarakat di Desa Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk? Sedangkan tujuan dan i penelitian adalah (1) Untuk mengetahui, pelaksanaan seni tayub di Desa Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk, (2) Untuk memahami kehidupan sosial budaya masyarakat desa yaitu mengetahui fungsi ritual, sosial dan politik seni tayub dalam masyarakat di Desa Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, metode ini di pilih agar diperoleh data penelitian yang bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai fungsi ritual, sosial clan politik seni tayub dalam kehidupan masyarakat di Desa Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Data yang disajikan secara deskriptif dan analisis dengan teori fungsional struktural teori ini menggunakan paradigma fakta sosial. Dalam penelitian ini lebih menelcankan pada keteraturan dan keseimbangan dan mengabaikan perubahan-perubahan dan konflik. Melalui pendekatan maka slcripsi ini diharapican mampu memberikan kesimpulan tentang fungsi sosial dan politik seni tayub dalam kehidupan masyarakat di Desa Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk yang nantinya bisa memperkaya khazanah ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan sosiologi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa : (1) Pelaksanaan seni tayub di Desa Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk ada tiga bentuk pelaksanaan seni tayub yaitu: a) Pelaksanaan dalam kerangka ritual bersih desa, b) pelaksanaan seni tayub dalam kerangka hiburan(pernikahan, khitanan), c) pelaksanaan dalam kerangka politik. (2) Fungsi ritual, sosial dan politik seni tayub dalam kehidupan masyarakat di Desa Ngadiboyo Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk ada tiga fungsi yaitu : a) fungsi seni tayub sebagai sarana ritual dan kesuburan, b) Fungsi seni tayub sebagai hiburan pagelaran(sosial), dan c) fungsi seni tayub sebagai media politik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sudarsih, SudarsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Kesenian
Masyarakat
Politik
Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Seni tayub; masyarakat; ritual; sosial dan politik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2018 08:51
Last Modified: 05 Jan 2018 08:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21842

Actions (login required)

View Item View Item