Peningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas IV MI Salafiyah Bahauddin Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dhuriyyah, Wardah (2012) Peningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas IV MI Salafiyah Bahauddin Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Wardah Dhuriyyah_D07208020.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPA yang selama ini masih berpusat pada guru sehingga pembelajaran membuat siswa menjadi bosan. Sebagai guru dituntut untuk mencari dan menemukan suatu cara yang dapat mengoptimalkan tercapainya tujuan pembelajaran dan mendukung siswa agar lebih alctif dalam mengkontruksikan pengetahuannya. Adapun pada penelitian ini pembelajaran dilakukan dengan menggunkan pendekatan kontekstual. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan ini adalah: 1) Bagaimana pola implementasi pendekatan kontekstual yang efektif dalam pembelajaran IPA pokok bahasan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya?, 2)Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya di kelas dengan menggunakan pendekatan kontekstual? Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: (1) Mengetahui langkah-langkah, tahapan, dan pilihan media dalam pendekatan kontekstual yang efektif dalam pembelajaran IPA pokok bahasan menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya di kelas IV.1 MI Salafiyah Bahauddin Taman Sidoarjo (2)Mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan pendekatan kontekstual pokok bahasan menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya dikelas IV.1 MI Salafiyah Bahauddin Taman. Penelitian ini menggundkan penehflan tindakan (action reseach) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dan i empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan revisi sasaran penelitian siswa kelas IV MI Salafiah Bahauddin Taman Sidoarjo. Data yang diperoleh berupa tes hasil formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Implementasi pendekatan *kontekstual (a) pm siklus menunjukkan bahwa siswa masih pasif, dan cenderung bosan. Hal ini disebabkan karena guru sering menggunakan metode ceramah (b) Proses pembelajaran siklus 1 siswa berkelompok dan berdiskusi untuk menyelesaikan masalah yang ada di lks lalu perwakilan dani setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas clan untuk kelompok yang lain botch menanggapi dan bertukar pendapat selama presentasi (c) Proses pembelajaran siklus 2 menggunakan permainan, setiap kelompok mendapatkan media gambar hewan, siswa secara berkelompok siswa berdiskusi untuk menuliskan nama golongan hewan yang ada dimedia yang yang disediakan yang lebih dulu selesai botch mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas, Dari hasil analisis didapatkan bahwa presentasi belajar siswa mengalami peningkatan dan pre test (64,07),siklus 1 (71,73), dan ke siklus 11 (92,30)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dhuriyyah, WardahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA; penggolongan hewan; pendekatan kontekstual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2018 07:58
Last Modified: 05 Jan 2018 07:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21841

Actions (login required)

View Item View Item